ArenaLTE.com – Financial tecnology atau FinTech kian berkembang signifikan, salah satunya adalah sistem pembayaran transaksi keuangan dengan sistem digital Quick Response/ QR Code. Kemudahan dalam melakukan proses transaksi melalui pemindai code tersebut, kini bisa dimanfaatkan masyarakat di beberapa Market modern Tanah Air yang dihadirkan oleh PT Dimo Pay Indonesia atau Dimo.

Dimo adalah perusahaan yang bergerak dalam layanan pembayaran digital, dimana salah satu layanannya memanfaatkan teknologi Quick Response Code (kode QR). Melalui kerjasama beberapa modern market di Indonesia, perusahaan mengklaim konsumen akan lebih mudah belanja di toko offline layaknya membeli di toko online.

QR store sendiri merupakan salah satu konsep penjualan yang menggantikan toko fisik tiga dimensi dengan kumpulan gambar produk dua dimensi yang dilengkapi dengan QR code statis dan label harga. Pembelian produk dapat dilakukan dengan memindai QR Code melalui aplikasi mobile yang mendukung sistem Pay by QR Dimo di smartphone secara offline di lokasi toko untuk kemudian diproses layaknya pembelian online. Produk sesuai diskripsi dan gambar yang ditampilkan di QR Store akan segera dikirimkan ke alamat yang diinginkan.

1a

Selain QR Store, Dimo juga mengedepankan sistem pembayaran Pay by QR bersifat inklusif dan agnostis yang dapat digunakan oleh sumber dana manapun (bank, telko, e-wallet), pengguna smartphone dengan brand apa pun, di merchant mana pun.

Penagihan dapat dilakukan dengan menampilkan QR Code melalui print out pada mesin Electronic Data Capture (EDC), layar komputer, sticker tempel seperti yang digunakan di QR Store, maupun secara langsung pada layar smartphone melalui layanan QR Cashier. Dimo Pay Indonesia, juga mengklaim bahwa konsep penjualan inovatif QR Store menggantikan toko fisik tiga dimensi yang diharapkan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat atas perkembangan teknologi FinTech.