ArenaLTE.com – Salah satu persoalan yang kerap dihadapi penyedia layanan komunikasi saat ini adalah bagaimana caranya melayani permintaan pelanggan akan jaringan yang terus meningkat dengan cepat. Mereka pun menghadapi tantangan untuk memperluas cakupan dan kapasitas jaringan agar bisa tetap memberikan layanan terbarik kepada para pelanggannya. Untuk menjawab tantangan ini, Oracle mengumumkan bahwa Oracle Communications Mobile Security Gateway menyediakan cara-cara baru untuk membantu penyedia layanan komunikasi memperluas cakupan jaringan yang efisien dari segi biaya dan meningkatkan kapasitas jaringan secara aman, serta menyatukan Wi-Fi dan internet ke mobile core.

Solusi terbaru ini adalah salah satu yang diumumkan Oracle dalam acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona. Selain itu, dukungan untuk Wi-Fi calling memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk memanfaatkan Wi-Fi dalam mengatasi masalah cakupan suara indoor, sehingga dapat menyediakan pengalaman jaringan mobile yang konsisten untuk pelanggan, bahkan untuk daerah yang sebelumnya tidak memiliki jaringan.

Oracle Communications Mobile Security Gateway menyediakan gateway yang menghubungkan Wi-Fi dan Internet ke mobile core. Jaringan heterogen yang baru ini memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk meningkatkan kapasitas, memperluas cakupan jaringan, sehingga pada akhirnya dapat memberikan layanan suara serta data yang lebih berkualitas.

Stéphane Téral,Senior Research Director, IHS Inc. melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa jaringan makro yang dimiliki operator masih belum cukup untuk melayani permintaan jaringan yang semakin meningkat. “Dengan solusi Oracle Communications Mobile Security Gateway mampu memberikan cara untuk memanfaatkan Wi-Fi dan Internet secara hemat biaya dan menciptakkan jaringan yang lebih berskala untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, antara lain dengan Wi-Fi calling, Wi-Fi offload, dan kemampuan small cell,” ujarnya.

Ilustrasi telepon Interkoneksi

Berikut ini beberapa fitur layanan yang ditawarkan oleh Oracle Communications Mobile Security Gateway bagi operator :

  • Meningkatkan cakupan suara dalam ruangan: Dengan Wi-Fi calling, penyedia layanan komunikasi bisa menggunakan Wi-Fi sebagai jaringan akses untuk mobile core yang mengaktifkan voice dan video calling, serta rich messaging.
  • Mengurai kepadatan di jaringan makro: Penyedia layanan komunikasi bisa menggunakan Wi-Fi untuk meringankan beban data traffic di jaringan makro dan memindahkannya ke Internet secara aman.
  • Meningkatkan cakupan dan kapasitas di daerah yang sulit dijangkau serta padat: Base station yang ditempatkan dalam ukuran kecil dan strategis, disebut small cell, memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk memperluas cakupan dan meningkatkan kapasitas jaringan mobile.