ArenaLTE.com – iPhone terbaru meluncur dengan sejumlah keunggulan fitur, salah satunya adalah teknologi 3D touch. Dengan 3D touch maka dapat diukur seberapa keras tekanan jemari pengguna saat menakan bidang layar. Perbedaan tekanan akan direspon oleh sistem yang menghasilkan beragam perintah pengaktifkan fitur.

Dengan basis kemampuan merespon besarnya tekanan pada layar tersebut, ternyata fitur 3D touch di iPhone dapat berperan ekstra sebagai sebuah timbangan, suatu hal yang belum pernah di eksplorasi pada smartphone.

Dikutip dari Ubergizmo.com, pihak manufaktur yakni Apple nampak kurang berkenan atas inovasi diatas. Kabarnya aplikasi yang diajukan untuk diunggak ke iTunes App Store terkait timbangan dari 3D touch ini telah dicegah.

Menurut pihak OS X Daily yang mempulikasikan temuan tersebut, pengguna iPhone 6s tetap dapat menikmati sensasi timbangan, memang tidak dengan menginstall aplikasi, namun menggunakan jasa aplikasi di web, artinya smartphone harus terkoneksi dengan alamat situs http://pltarun.github.io/scale/.

Pada laman situs tersebut, sudah terdapat bidang virtual untuk ditempatkan benda yang akan ditimbang. Karena berbasis web, aplikasi web ini dapat diakses dari Safari browser. Dengan basis web, maka Apple tak berdaya mencegah penggunaan timbangan virtual ini. Begitu pun Apple tak dapat memblokir aplikasi web tersebut.

Dalam uji coba, bobot baru kerikil dan USB flash disk dapat ditakar dengan cukup baik lewat sendok. Meski begitu, ada berat maksimum yang dapat ditakar, yakni tidak lebin dari 385 gram yang menjadi batas deteksi sensor.