XL Bidik Kalangan Bisnis di Kalimantan dengan Meluncurkan Layanan Data Center

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Potensi bisnis yang masih terbuka luas di Kalimantan menjadi sasaran operator XL untuk memperkuat infrastruktur layanan di pulau ini. Anak perusahaan Axiata Group tersebut kemarin membuka Data Center XL untuk kalangan bisnis di Balikpapan yang melayani wilayah Kalimantan. Langkah ini sekaligus menjadi upaya XL mendukung program pemerintah untuk mendongkrak pembangunan infrastruktur di Kalimantan.

Menurut Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan, pihaknya memilih pembangunan Data Center di Balikpapan sebagai respon akan kebutuhan terhadap fasilitas penyimpanan data berstandar internasional. “Data Center baru ini akan mulai beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2015,” ujarnya.

Ia menambahkan jika perusahaan-perusahaan dan institusi yang dibidik XL berasal dari semua sektor yang membutuhkan fasilitas penyimpanan data dengan skala kebutuhan tidak terlalu besar. Selain kalangan bisnis dan industri, XL juga membidik kalangan instansi Pemerintah Daerah dan juga perguruan tinggi.

Sebagai informasi, Data Center XL di Balikpapan merupakan Data Center modular pertama di Kalimantan yang melayani publik. Beberapa keunggulan Data Center modular ini antara lain tetap mempertahankan prinsip zero downtime, terletak di daerah khusus, dan tersedianya pasokan listrik yang cukup besar untuk pelanggan-pelanggan nantinya. Produk yang ditawarkan meliputi antara lain penyewaan rak, penyewaan space, dan juga Managed Service.

Strategi membangun Data Center XL di Balikpapan dengan konsep modular karena dianggap cocok dengan pasar daerah ini. “Dari total 661 meter persegi tanah yang tersedia, untuk tahap awal, XL hanya membangun Data Center seluas 115 meter persegi. Bangunan Data Center ini dapat menampung 14 rak dan dijadwalkan menjadi data center yang netral sebelum Juni 2016,” ujar Ongky.

Selain Data Data Center XL di Balikpapan, perusahaan melalui divisi XL XCloud saat ini telah memiliki tiga Data Center yang dapat dipergunakan oleh publik di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center XL tersebut berlokasi di Arengka-Pekanbaru, Bintaro-Jakarta, dan Kali Rungkut-Surabaya. Dengan beroperasinya Data Center Balikpapan, secara total XL telah menyiapkan lahan seluas 17.456 meter persegi dan space seluas 21.655 meter persegi.
Baca juga: Antisipasi Lonjakan Data, XL Uji Coba Teknologi LTE Advanced LAA

XL XCloud saat ini telah melayani lebih dari 200 korporasi dan merupakan salah satu unit bisnis di XL Digital Services dengan peningkatan pendapatan lebih dari dua kali lipat per tahunnya. Saat ini Data Center XL diklaim pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi internasional ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Service Management, Uptime TIER III Design, dan juga dilengkapi dengan sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.

Leave a Comment