ArenaLTE.com – Layanan streaming Musik SoundCloud berhasil menandatangani kerjasama dan medapatkan lisensi dari Sony Music. Berati tahun ini sudah ada tiga Major Label yang berhasil digandeng oleh Soundcloud sebagai persiapan untuk meluncurkan layanan terbaru mereka yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini.

Kerjasama ini akan memberikan layanan streaming musik soundCloud keleluasaan untuk mengakses dan menggunakan seluruh lagu dari artis yang dimiliki oleh Sony Music International seperti Beyonce, The Weeknd, Future, Calvin Harris, Bruce Springsteen, Miguel, Foo Fighters dan Justin Timberlake.

Setelah sekian lama gratis, layanan streaming Musik SoundCloud rencananya akan meluncurkan paket berlangganan kepada para penggunanya. Kerjasama dengan label musik besar global merupakan langkah soundcloud untuk dapat menghadirkan layanan streaming music yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan akan musik-musik terbaru. Langkah ini menjadikan Souncloud mirip dengan layanan streaming musik lainnya seperti JOOX, Spotify atau Apple Music.

Selain Sony Music international, layanan streaming musik Soundcloud juga telah bekerjasama dengan Warner Music Group, Universal Music Group, dan Merlin, jaringan label musik independen global. Dan Sony Music merupakan major label yang terkahir, namun bekerjasama dengan Sony Music ini menjadi tantangan tersendiri bagi SoundCloud. Karena menurut Billboard, tahun lalu label Sony Music menarik semua lagu mereka dari SoundCloud, alasannya karena Sony Music tidak cukup puas dengan kesempatan mendapatkan keuntungan dari layanan soundcloud sebelumnya.

soundcloudBaca juga: 8 Artis Terkemuka dari Sony Music Ini Menjadi Host di CliponYu

Namun kini kerjasama sudah terjalin diantara keduanya dan SoundCloud telah mendapat restu industri musik untuk memonetized layanan musik mereka. Meskipun berbayar, Soundcloud harus bisa menawarkan layanan yang menarik jika tidak ingin ditinggalkan oleh 175 juta penggunanya yang sebagian besar menggunakannya secara gratis.

Seperti yang dilansir the verge, rencananya paket berbayar yang ditawarkan oleh Souncloud sekitar USD10 perbulan dan akan muali diluncurkan pada tahun ini, namun ada juga perkiraan bahwa harga paketnya akan lebih rendah dari harga tersebut.

Jika digabungkan dengan daftar lagu yang hingga sekarang ini sudah ada dimiliki souncloud, sepertinya Soundcloud akan dapat bersaing dengan kompetitor di industri layanan streaming musik lainnya yang memiliki koleksi musik yang sama.