ArenaLTE.com –  Current Analysis, salah satu biro analisis pasar IT, secara mengejutkan menyebut Nokia Networks sebagai pemimpin pasar dalam portfolio eNodeB LTE (Long Term Evolution). eNodeB disini dapat diartikan sebagai BTS (Base Transceiver Station).

Current Analysis dalam paparannya melakukan komparasi diantara vendor jaringan lainnya, dan menyimpulkan bahwa Nokia Flexi Multiradio 10 Base Station menjadi pempin di segmen yang disebut RAN (Radio Access Networks) 4G ini. Sukhpreet Sandhu dari Nokia Networks dalam postingan di blog menyebut kesuksesan Nokia Flexi Multiradio adalah hal yang wajar, mengingat basis teknologi ini telah digunakan secara baik lebih dari 10 tahun.

Dalam paparan risetnya, Current Analysis menujukkan eNodeB Nokia punya keunggulan dari pesaingnya di hampir semua kategori, seperti kapasitas, kinerja frekuensi radio, fleksibilitas penyebaran, cakupan spektrum, daya output frekuensi radio dan evolusi teknologi. Berikut info gratis yang menunjukkan keunggulan eNodeB dari Nokia Networks.

Current-Analysis_Nokia_graph_2015

Laporan yang sama juga menyoroti fakta bahwa solusi Nokia menawarkan lebih pada kompetisi di LTE-A (Advanced) pada umumnya. Diantaranya eNodeB mendukung spektrum band yang lebih luas dan output daya frekuensi radio yang lebih unggul. Juga disebutkan mudahnya pemeliharaan dan dukungan ekosistem yang lebih luas dari Flexi Radio Antenna System.
Baca: Mengenal Teknologi 4G HetNet dari Nokia Networks yang Diadopsi StarHub Singapura

Menurut pihak Nokia, pengakuan ini bukan kebetulan. Nokia Networks telah mendapatkan pengalaman dari penyebaran LTE dan LTE-A di pasar yang paling maju seperti Korea, Jepang dan Amerika Serikat. Selain unggul di segmen eNodeB LTE, Current Analysis dalam laporannya Agustus lalu juga menyenut portfolio Nokia 2G/3G Flexi Multiradio juga telah menjadi pemimpin pasar dalam kapasitas, skalabilitas dan daya output frekuensi radio.

Flexi multiradio merupakan BTS Multiradio atau multicarrier yang dapat menggunakan semua teknologi jaringan, baik dalam mode khusus (dedicated) atau mode bersamaan (concurrent). Flexi multiradio memiliki desain modular, sehingga pembelian dan pemasangannya mudah, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menambah jangkauan jaringan di daerah baru. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan ruang situs yang ada dengan lebih efisien, modul BTS Flexi yang ada dapat dipasang bersama dengan modul BTS Flexi Multiradio.