ArenaLTE.com – Tak sedikit inovasi dari teknologi terapan yang bermanfaat bagi orang banyak berawal dari ide-ide yang tadinya dianggap gila. Dan masih terkorelasi dengan inovasi dan ide ‘nyeleneh,’ Bhaskar Mitra (24 tahun), seorang ilmuwan dan peneliti makanan dari Universtitas Copenhagen, Denmark, berhasil merancang prototipe cover smartphone canggih yang punya peran tambahan sebagai alat penguji kualitas kesehatan makanan dan kualitas air.

Suatu konsep yang bila dibayangkan terasa futuristik, tapi inilah gagasan Bhaskar yang prihatin terhadap kesehatan makanan dan minuman di negeri asalnya, India. “Saya menyukai hal-hal yang gila,” ujar Bhaskar Mitra, dikutip dari treehugger.com. Dalam konsep yang ditawarkan, Bhaskar menggunakan ‘penutup’ cover smartphone sebagai wadah untuk menguji dan mengetahui apakah suatu makanan atau kadar air telah terkontaminasi zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Prototipe cover smartphone canggih ini telah beberapa kali diuji coba di daerah asalnya, wilayah Benggala Barat, India. Setahun lamanya, Bhaskar menghabiskan waktu melakukan ekpsrimen dan ujicoba di dapurnya untuk menciptakan sebuah cover smartphone canggih sederhana berukuran kecil (lebih kecil daripada smartphone Samsung Galaxy). Komponen yang terdapat pada cover smartphone canggih ini hanya terdiri dari bahan karton, lampu UV (Ultra Violet) dan blue filter untuk menjaga agar lensa tertutup.

Dalam paparannya, ide inovasi dibuat sederhana, kita cukup diminta memidai makanan dengan kamera smartphone, dan kemudian sistem pada cover smartphone canggih akan memperlihatkan hasil yang mencengangkan mata, yakni keberadaan aneka jenis bakteri dan zat-zat yang kurang baik pada makanan dan minuman yang kita foto tersebut.

cover smartphone canggih“Teknologi ini sudah di depan mata, dan saya ingin mewujudkan sebuah konvergensi antara sesuatu produk yang berwujud dan yang tidak berwujud. Dengan mengandalkan material yang ada di sekitaran, saya akan membuat inovasi yang menyejutkan,” tambah Bhaskar. Dengan metode analisa yang terbilang sederhana dan efektif ini, temuan Bhaskar dipercaya bakal mampu menyelamatkan banyak nyawa manusia.

Bhaskar juga berharap cover smartphone canggih hasil penemaunnya ini dapat segera diproduksi secara massal dan jika nanti penemuannya dipasarkan secara global, Bhaskar memprediksi harganya akan dibanderol sekitar USD45 saja, bahkan dengan kemampuannya mengisi ulang dengan tenaga surya, maka cover smartphone canggih ini sangat cocok digunakan oleh para traveler yang gemar berwisata kuliner sambil tetap menjaga asupan makanan yang sehat.