ArenaLTE.com – Dalam acara Oracle OpenWorld 2016, Oracle mengumumkan layanan cloud analitik Oracle untuk para pelaku usaha. Layanan cloud analitik Oracle yang baru ini memungkinkan bisnis untuk mentransformasi cara mereka mendapatkan wawasan dari orang-orang, algoritma, proses analisis dan memberikan visualisasi hasil yang bisa diprediksi guna pengambilan keputusan yang tepat.

Tak bisa dihindari, tantangan yang dihadapi dunia bisnis saat ini adalah bagaimana mendapatkan wawasan atau insight, kemudian menarik kesimpulan dari analisa wawasan tersebut, yang nantinya akan berguna untuk memajukan bisnis mereka berdasarkan pengambilan keputusan yang tepat.

Memang ada berbagai vendor teknologi yang menyediakan kecerdasan buatan untuk keperluan ini, tapi tidak cukup elastis dan menyeluruh, apalagi untuk perusahaan yang memiliki beragam fungsi di dalamnya, seperti pemasaran, penjualan, dan lain sebagainya.

Layanan cloud analitik Oracle ini diklaim mampu memberikan solusi menyeluruh di industri untuk analitik bisnis. Ini termasuk ratusan ahli analitik yang dibuat khusus untuk berbagai industri dan fungsi bisnis, semuanya tergabung di dalam sebuah aplikasi dan platform analitik berbasis cloud.

Beberapa komponen modern yang disediakan melalui layanan cloud analitik Oracle yang baru ini antaralain yaitu layanan infrastruktur yang berperforma tinggi dan elastis yang didesain untuk pemrosesan analitik terhadap berbagai bentuk data. Menyediakan berbagai indikator metrik yang tepat untuk mengukur dan mendapatkan panduan dalam memahami metrik tersebut di semua aspek bisnis.

Dan untuk mendorong pemasaran, penjualan, layanan e-commerce dan pelangan yang lebih efektif, Oracle juga menawarkan set data yang terpaket dan terpilih untuk mendorong proses bisnis yang lebih efektif dan analitik yang lebih sesuai dengan target yang ditetapkan.

Dan Vesset, Group Vice President, Analytics and Information Management, IDC mengungkapkan bahwa penerapan cloud publik dari software analitik bisnis masih belum banyak diadopsi. Namun, pangsa pasar untuk penerapan Cloud diharapkan akan tumbuh lima kali lebih besar dibanding metode lainnya.

“Layanan Oracle Analytics Cloud memanfaatkan manajemen data hybrid yang sedang populer dengan berbagi bentuk metode analitik. Hal ini mampu memberikan sebuah analisa mendetail dan mampu dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat”, ujarnya.