ArenaLTE.com – Coba saja lihat dan perhatikan isi jeroan dari sebuah Android Wear dan beberapa wearable lainnya yang menggunakan sistem operasi dan kita akan menemukan salah satu dari chip prosesor Qualcomm Snapdragon 400 series tertanam didalamnya. Sepertinya niat Qualcomm untuk merambah semua insustri wearable dengan prosesornya miliknya semakin gencar dilakukan, apalagi baru –baru ini Qualcomm melahirkan chip baru untuk wearbale melalui Qualcomm Snapdragon Wear 2100.

Perubahan terbesar dari chip prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon Wear 2100 ini terlihat dari ukuran yang lebih kecil dari para pendahulunya. Dengan ukuran 30 persen lebih kecil dari chipset Snapdragon 400 series dan menghemat 25 persen konsumsi daya ketika beroperasi. Chipset ini juga dilengkapi dengan dukungan tethering untuk Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth 4.1 link, sementara dukungan untuk modem LTE juga bisa ditambahkan seperti pada Samsung Gear S2.

Kendala terbesar bagi sebagian besar orang yang hidup dengan wearbale adalah sebaerapa sering harus diisi ulang (charging). Dengan Qualcomm Snapdragon Wear 2100 ini sebauh perangkat dapat bertahan dalam waktu beberapa hari sebelum baterainya habis dan harus diisi ulang kembali. Ini jauh lebih lama daripada smartphone yang rata-rata habis dalam waktu sehari saja.

Rentetan prosesor Qualcomm sepertinya tidak hanya berhenti disitu saja, Qualcomm sudah menyiapkan tiga Snapdragons baru untuk smartphone melalui seri 425, 435 dan 625. Chip pertama tersebut terlihat jelas merupakan yang paling ambisius dari trio prosesor lainnya dengan kemampuan empat core Cortex-A53 dan Adreno 308 GPU. Snapdragon 435 juga tampaknya menjadi seperti sebuah lompatan besar dibandingkan dengan lainnya dengan core yang sama namun kecepatannya 1.4GHz, dan dibungkus dengan GPU Adreno 505 yang mulus menjalankan layar 1080p/60FPS.

Prosesor baru ini juga memiliki dukungan fitur terbaru seperti QuickCharge dan LTE Cat 7 yang mewarakan kecepatan akses download hingga 300Mbps dan upload 100Mbps. Dengan Ini kita punya chipset yang cukup ampuh bagi para vendor untuk membuat perangkat canggih dengan harga terjangkau.

Qualcomm Snapdragon 625 juga dihadirkan dan menjadi paket komplit yang paling ampuh untuk smartphone harga terjangkau. Chipset ini dibangun pada proses 14nm yang memungkinkan delapan core Cortex-A53 mamiliki kecepatan lebih dari 2GHz. Sementara kita berbicara kecepatan, 625 ini memiliki dukungan konektivitas yang komplit seperti LTE Cat 7 dan WiFi 802.11ac. Kemampuan multimedia juga mampu memproses video 4K video dengan GPU Adreno 506 berarti mampu mendukung layar dengan resolusi lebih dari 1.900 x 1.200 piksel.