ArenaLTE.com – Masa depan perusahaan bersandar pada kepemilikan teknologi inti yang bisa memandu arah produk yang mereka buat. Hisense adalah salah satu perusahaan Tiongkok yang mulai merintis hal ini. Terbukti, perusahaan ini baru saja mengumumkan ketersediaan smart TV yang mengedepankan chip grafis Hisense SOC-level UHD 120Hz yang dikembangkan secara independen oleh mereka sendiri.

Apa yang dilakukan Hisense menjadi tonggak pencapaian terbaru, setelah di 2005 mereka pun berhasil meluncurkan chip TV berwarna pertama di Tiongkok yang juga dikembangkan sendiri. Langkah produksi chip grafis Hisense sekaligus menandai era dimana industri TV Tiongkok tak lagi harus bergantung pada secara impor.

“Inti dari chip grafis Hisense atau pengolah gambar ini terdiri dari silikon yang mampu menterjemahkan lusinan algoritma pengolah gambar nan inovatif. Mampu secara signifikan meningkatkan dynamic range dan dynamic contrast ratio dari video yang tertampil. Mendukung wide color gamut, meningkatkan kejernihan gambar dan bebas getaran,” ujar Zhong Sheng, CEO Hisense Microchip Company.

Zhou Houjian, chairman Hisense Group menambahkan jika sebuah perusahaan tanpa chip IC sendiri hanya akan menjadi perusahaan kelas dua karena tak mampu menegaskan inovasi produk dalam arti sebenarnya.

Chip grafis Hisense terbaru ini otomatis mendongkrak status Hisense sebagai vendor smart TV kelas dunia. Menjadikan perusahaan tersebut sebagai yang terdepan dalam menyediakan teknologi display TV bersama Sony dan Samsung. Sekedar informasi saja, Hisense sudah menjadi satu di antara tiga market leader industri televisi dunia untuk segmen tengah dan high end.
Baca juga: Di Pasar Televisi, Hisense Kuasai Posisi Tiga Besar Dunia

Smart TV dengan chipset grafis HisenseTelevisi UHD high end biasanya dipersenjatai oleh chip utama (master chip), image processing chip high end, dan sebuah TCON chip atau integrasi chip lain sejenis. Dengan ketersediaan konten video 4K dan 8K untuk video streaming dan broadcasing, sebuah display TV layar lebar membutuhkan chip pengolah gambar yang baik. Kombinasi dari tiga chip di atas bisa secara signifikan meningkatkan performa sistem secara keseluruhan.

Hisense adalah perusahaan Tiongkok pertama yang secara mandiri mengembangkan image processing chip SOC-level papan atas. Huang Weiping menuturkan jika strategi perusahaannya adalah untuk menyediakan lebih banyak lagi diferensisasi produk. Kehadiran chip grafis Hisense bakal mengangkat daya saing teknologi display Hisense yang sudah mendapat pneghargaan, ULED technology.

Perusahaan menargetkan pengapalan lebih dari satu juta unit chip grafis Hisense selama tahun pertama. Hisense juga berencana mendesain chip tersebut  supaya bisa terimplementasi pada lini produk lain seperti ultra short-throw laser projection TV dan medical display system.