ArenaLTE.com – Meski berstatus buronan oleh pemerintah Amerika Serikat, harus diakui nama Edward Snowden sangat ‘menjual’ dalam jagad intelijen global. Bahkan dengan kicauannya yang kontroversial, Snowden namanya begitu santer dalam banyak pemberitaan dalam beberapa tahun ini. Edward Snowden yang gemar berbagi ilmu dan informasi rahasia ini juga akrab dengan aplikasi dan perangkat smartphone. Nah, kali ini Snowden membuat gebrakan baru, masih terkait dunia sadap menyadap dan spionase, debut Snowden juga ikut merancang casing smartphone anti penyadapan untuk iPhone.

Tentu saja bukan sembarang casing, bersama hacker Andrew ‘Bunnie’ Huang, Snowden saat ini sedang mengembangkan sebuah casing smartphone(mobile phone case) yang punya fitur keamanan khusus. Tidak seperti casing pada umumnya, casing desain Snowden ini dapat memberitahukan penguna apabila smartphone melakukan aktivitas transmisi (informasi). Casing ini disebut ‘Introspection Engine’ dan dapat terhubung dengan berbagai radio transmitter dari smartphone.

casing smartphone anti penyadapanSetelah terhubung, casing smartphone anti penyadapan ini akan memonitor adanya koneksi seluler, WiFi, atau Bluetooth saat berbagai atau menerima data dan menginformasikannya kepada pengguna smartphone. Desain awal dari casing memiliki layar kecil monokromatik yang bisa menunjukkan bila terjadi transmisi data.

Meski fungsi ‘Introspection Engine’ terbatas untuk memonitor koneksi, casing smartphone anti penyadapan ini bisa dikembangkan lebih jauh agar bisa berfungsi sebagai sebuah “kill switch” yang memutus pasokan daya smartphone ketika dideteksi ada sinyal radio yang melakukan transmisi data setelah pengguna mencoba menonaktifkannya.

Status casing smartphone anti penyadapan ini masih dalam fase awal pengembangan. Snowden dan Huang berharap prototipe casing iPhone ini sudah bisa dihadirkan tahun depan untuk selanjutnya masuk pada fase pengembangan produknya (jika ada dukungan dana). Snowden berjanji, kode perangkat dan desain hardware-nya bisa diakses berbagai pihak (open source).

casing smartphone anti penyadapanSebelumnya Snowden juga pernah mengungkapkan beberapa aplikasi anti penyadapan untuk iPhone yang bernama Signal. Ia juga merekomendasikan RedPhone, yang memungkinkan pengguna Android membuat panggilan telefon terenkripsi dan TextSecure, aplikasi pesan private oleh Open Whisper Systems.

Snowden menambahkan, aplikasi anti penyadapan yang disebutkan itu tidak melindungi dari asosisasi metadata tetapi aplikasi tersebut memiliki proteksi terkuat bagi konten pengguna. Aplikasi tersebut bisa melindungi konten Anda dari aksi intersepsi dalam perjalanan data.