ArenaLTE.com – Dalam penerapannya, Game Pokemon Go memanfaatkan sistem geo-location atau GPS pada smartphone. Oleh karena itu kita akan selalu aktif untuk terus bergerak mendatangi lokasi dan titik-titik menarik dalam game ini, seperti Pokestop dan Gym. Tentusaja, Game Pokemon Go ini juga sangat mengandalkan GPS dan membuat kita harus berjalan keluar rumah dan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya untuk berburu Pokemon di beragam tempat.

Karena aplikasi Pokemon Go  ini selalu dalam kondisi terbuka, smartphone akan selalu melakukan koneksi dengan GPS akurasi tinggi yang dikombinasikan WiFi dan jaringan operator setiap saat. Aktifitas ini sangat menguras baterai smartphone dan sebagai Pokemon Trainer akan sangat menyedihkan jika perburuan pokemon terganggu gara-gara baterai smartphone habis. Berikut in beberapa tips dan trik cara hemat baterai smartphone ketika main Pokemon Go :

  1. Mengaktifkan Fitur “Battery Saver” di Pokemon Go

Ternyata di dalam game Pokemon Go sendiri disediakan fitur penghemat baterai yang bernama “Battery Saver”, untuk mengaktifkannya cukup tekan menu “setting” kemudian berikan tanda centang pada fitur “Battery Saver”. Fitur ini tidak mengubah tampilan fisik dari game dan juga User Interfacenya namuan cukup efektif untuk mengurangi konsumsi baterai. Masih belum ada penjelasan secara mendetail bagaimana cara kerja fitur ini, namun fitur ini cukup bisa mengurangi tingkat keborosan komsumsi baterai smartphone kita. battery saver pokemon go

  1. Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Jika belum melakukannya, segera lakukan pengaturan ulang tingkat kecerahan layar smartphone. Kecerahan layar menjadi sumber utama peborosan baterai smartphone, karena memainkan game ini harus selalu mengaktifkan layar, maka dengan mengurangi tingkat kecerahannya akan membuat baterai lebih irit. Jangan gunakan fitur auto, lebih baik lakukan pengaturan kecerahan layar secara manual dengan mengaturnya pada kondisi cukup rendah namun masih dapat terlihat dengan nyaman.battery saver pokemon go

  1. Mematikan AR (Augmented Reality) saat menangkap Pokemon

Menangkap Pokemon menggunakan fitur Augmented Reality (AR) memang lebih menyenangkan dan seru namun menggunakannya terus menerus akan menguras baterai smartphone. Apalagi jika banyak aktifitas yang dilakukan seperti melakukan zooming in dan zooing out, tapping pada pokemon atau melakukan screenshot Pokemon di dalam mobil, area kerja, kamar dan tempat lainnya pasti akan lebih banyak menghabiskan baterai. Cara menonaktifkan fitur AR ini, ketika kita akan menangkap pokemon tekan tombol AR di pojok kanan atas.

  1. Mematikan suara dan aplikasi background lainnya

Hal ini sudah menjadi cara standar dalam mengurangi konsumsi baterai samrtphone yaitu untuk mengaktifkan fitur silent dan menutup semua aplikasi lain yang aktif secara background seperti sosial media, WhatsApp, BBM dan berbagai aplikasi yang sering kita gunakan lainnya.

  1. Dan salah satu cara umum lain yang paling banyak digunakan yaitu dengan menyiapkan power bank, berburu Pokemon akan lebih aman dengan power bank yang tetap tertancap di smartphone.