ArenaLTE.com – Bukalapak bekerja sama dengan Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online. Kerja sama ini dilakukan untuk mengulang kesuksesan penjualan hewan kurban di Bukalapak tahun lalu. Tahun ini, ACT kembali melakukan pemotongan dan pendistribusian hewan kurban yang terjual di situs Bukalapak ke masyarakat di lokasi terpinggir, daerah rawan bencana kemanusiaan, dan tempat pengungsian, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

“Program ini merupakan bagian dari layanan Bukalapak untuk mengajak dan memfasilitasi umat Muslim untuk menunaikan ibadah kurban, yang disalurkan melalui Global Qurban – ACT. Program ini mudah dan murah karena masyarakat tinggal melakukan keseluruhan transaksi secara online. Biayanya pun all-in, sudah termasuk semuanya, mulai dari operasional, sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.

Apa dilakukan sejalan dengan misi perusahaan untuk memberdayakan UKM di seluruh Indonesia. “Kerja sama dengan Global Qurban – ACT memberikan akses untuk menjangkau langsung peternak di seluruh Indonesia. Sehingga, kita bisa menyediakan hewan kurban dengan harga murah dan berkualitas tinggi serta memberdayakan sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi para peternak dan warga sekitar.” jelas Bayu Syerli, VP Marketing Bukalapak.

Global Qurban-ACT siap mendistribusikan amanah para pekurban ke 34 provinsi di Indonesia, dan 27 negara diantaranya Palestina (Gaza), Suriah, Lebanon (pengungsi Suriah), Somalia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, Kenya (pengungsi Somalia), Nepal, Sudan, Mongolia, Kamerun (pengungsi Afrika Tengah), Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, dan Bosnia.

Sebagai bentuk transparansi, pekurban akan mendapatkan sertifikat pembelian kurban sebagai bukti bahwa telah terdaftar sebagai pekurban 2016 di Global Qurban. Selain itu juga akan menerima laporan dari Global Qurban berupa laporan pemotongan dan distribusi melalui SMS, yang akan disampaikan sesaat setelah hewan kurban dipotong dan didistribusikan. Sedangkan laporan lengkap melalui email atau hard-copy berupa foto hewan kurban sebelum dipotong (hewan hidup), setelah dipotong dan foto distribusi dagingnya dilengkapi profil wilayah di mana kurban didistribusikan, disampaikan paling lama sebulan setelah hari tasyrik.

Tahun ini Bukalapak menyediakan lima jenis pilihan hewan kurban yang dapat dipilih oleh pekurban, yaitu kambing dengan harga Rp.1.750.000, kambing Gaza dengan harga Rp.4.725.000, sapi dengan harga Rp.12.250.000, sapi Gaza seharga Rp.29.925.000 dan unta dengan harga Rp.24.750.000.