ArenaLTE.com – Mesin peramban internet kini kedatangan pemain baru yang bernama Brave Browser. Apa yang khas dari browser baru ini? Soal menu dan turunannya mungkin setali tiga uang dengan yang lain, tapi peramban ini hadir dengan jaminan untuk memastikan penggunanya untuk mendapat pengalaman browsing yang terbaik dengan jumlah iklan yang sangat minimal.

Mengapa iklan yang menjadi perhatian? Menurut Brendan Eich, pendiri Brave yang sebelumnya pernah menjabatat sebagai CEO Mozilla, iklan yang bertaburan di sebuah halaman web dianggap mengganggu user experience. Meski demikian, bukannya tidak ada iklan sama sekali, namun tetap bakal ada beberapa yang mereka nilai bermanfaat di mata pengunjung website sekaligus tidak ‘membunuh’ sumber pemasukan pemilik website begitu saja.

Pada dasarnya konsep yang ditawarkan Brave Browser ini mirip seperti program Acceptable Ads yang dijalankan Adblock Plus, dimana sejumlah iklan masih akan diizinkan tampil. Namun sepertinya Brave masih lebih agresif soal ini, dimana mereka menegaskan bahwa programmatic ads – iklan yang biasanya ‘mengejar-ngejar’ pengguna berdasarkan browsing history-nya – dijamin akan sirna sepenuhnya.

Brave Browser adalah proyek open source yang dikembangkan dengan menggunakan Chromium – versi open source dari Chrome – sebagai dasarnya. Sehingga performanya cukup bisa diandalkan jika dibandingkan dengan peramban lain yang populer saat ini. Brendan menyatakan telah mengintegrasikan HTTPS Everywhere ke dalam browser mereka, untuk memastikan data pengguna bergerak melintasi saluran yang paling aman. Browser itu juga memblokir Tracking Pixels dan Tracking Cookies, yang menghilangkan hal seperti pengguna melihat sebuah iklan untuk sesuatu yang mereka beli beberapa hari sebelumnya.

Selain Brendan, para pendiri termasuk Brian Bondy, yang bekerja pada Firefox dan Khan Academy, serta Kevin Grandon, yang bekerja pada Firefox OS dan WebVR. Karyawan perusahaan termasuk Marshall Rose, seorang insinyur protokol jaringan, dan Yan Zhu, yang bekerja pada SecureDrop dan Tor.

Untuk saat ini, Brave Browser masih sedang dalam tahap beta. Di mana sejumlah fitur seperti Bookmark dan Download Manager masih belum tersedia. Nantinya setelah sudah siap, Brave akan dirilis untuk platform Windows, OS X, Linux, Android dan iOS.