ArenaLTE.com – Bagi pengguna smartphone, untuk memotret obyek dari jarak sangat dekat bisa mengandalkan fitur makro (macro mode). Dengan macro mode, detail obyek dapat terlihat lumayan jelas dan detail. Tapi bagaimana bila Anda ingin sesuatu yang lebih dari sekedar macro mode? Semisal bagi seorang mahasiwsa kedokteran, pastinya ingin agar smartphone juga dapat berperan sebagai mikroskop.

Smartphone dengan kemampuan kamera mikroskop, mungkinkah itu terwujud? Secara teknologi apa yang tak mungkin, sejatinya ketajaman dan detail mikroskop sangat bergantung pada kekuatan lensa. Nah, bicara tentang lensa, tentu bukan tak mungkin lensa pada smartphone diberi ‘perkuatan’ setara lensa mikroskop. Dan ternyata terobosan ini telah diperkenalkan Blips

Blips cameraDengan Blips Anda bisa mengubah smartphone menjadi sebuah mikroskop, di mana gambar yang dihasilkan bisa lebih detail. Satu set lensa Blips terbagi menjadi dua lensa berbeda, terdiri dari lensa Macro tipis .5mm dan lensa Micro 1.2mm. Lensa Macro memungkinkan Anda untuk mengambil foto HD dengan optical magnification sekitar 10x, sementara lensa Micro dapat mengubah kamera smartphone menjadi mikroskop digital dengan detail sekitar 1/7000 inci.

Blips punya ukuran yang sangat tipis dan menggunakan kemampuan electrostatic agar dapat menempel pada lensa kamera di smartphone. Cara kerjanya juga mudah, tempel lensa tersebut seperti Anda menempelkan tapeisolasi, sedangkan cara melepasnya pun sangat praktis.

Namun proyek ini masih dalam tahap penggalangan dana di situs crowdfounding Kickstarter. Mereka menyediakan dua paket yang berbeda, terdiri dari paket Basic Kit dan Premium Lab Kit. Paket Basic Kit terdiri dari lensa Macro dan Micro dengan dua spons kecil yang berguna membuat fokus gambar di kamera menjadi lebih stabil. Paket ini dijual seharga US$17, US$19 dan US$23.

Blips cameraSementara Lab Kit lebih digunakan untuk keperluan pendidikan, studi ilmiah, atau sekedar main-main. Paket ini lebih lengkap, yang terdiri dari lensa Macro dan Micro, sumber cahaya, sepasang spons, smartphone stage dan enam slide. Untuk paket ini dibanderol sebesar US$46 atau sekitar Rp600 ribuan. Namun untuk harga retail akan naik menjadi US$34 untuk Basic Kit, dan US$68 untuk Lab Kit. Mereka akan memasarkan lensa tersebut secara global mulai September 2016.

Blips juga akan dilengkapi dengan aplikasi khusus yang memungkinkan penggunanya memotret foto makro dan mikro lebih jelas. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur sharing agar penggunanya dapat berbagi foto di jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook.