ArenaLTE.com – Menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, mall online Blibli.com menggelar program web series kompetisi The Big Start Indonesia. Sehingga bisa merangsang pengusaha kreatif Tanah Air menghadirkan dan memproduksi produk kreatif, inovatif, dan unik hasil kembangannya sendiri. Pemenang program ini, diungkapkan perusahaan akan mendapatkan dana sebesar IDR500 juta.

Pendaftaran program The Big Start Indonesia diinformasikan telah dibuka sejak awal bulan Juni yang akan berakhir pada 10 Agustus 2016. Dalam tahap awal ini, para pendaftar yang terdiri dari pengusaha lokal diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan produk hasil kreativitas sendiri, melalui microsite yang telah disediakan perusahaan.

Dalam tahap kompetisi nanti, ada 100 orang finalis yang akan dipilih perusahaan bila memenuhi syarat yang telah ditentukan. Setelah itu, jumlah tersebut akan kembali dikerucutkan menjadi sebanyak 20 finalis, untuk mengikuti proses karantina untuk pelatihan. Dari 20 finalis ini, nantinya akan diambil satu pemenang yang akan mendapatkan total hadiah IDR500 juta, serta dukungan eksklusif dari Blibli.com sebagai modal pengusaha kreatif.

“Blibli.com melihat ini sebagai sebuah tren yang harus didukung, sesuai dengan komitmen kami yang ingin memberdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas,” jelas Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, di Jakarta.

blibli-big-start
Peluncuran The Big Start Indonesia oleh Blibli (Foto: Hendra/ArenaLTE)

Ia juga mengakui bahwa dari program yang digelar perusahaan ini, telah mendapatkan respons positif dan dukungan dari pihak Bekraf. Dari pihak industri kreatif, finalis nantinya akan mendapatkan sertifikat HKI kepada dua puluh orang finalis yang terpilih untuk masuk ke masa karantina.

Hal tersebut disetujui langsung oleh Triawan Munaf, Kepala Bekraf, mengungkapkan bahwa,”para pengusaha kreatif mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan produk terbaik mereka, mendapatkan bimbingan langsung dari ahli bisnis, perlindungan kekayaan intelektual dan berkesempatan memasarkan bisnis mereka ke tahap selanjutnya,” tambahnya.

Selain program, Blibli.com juga menjelaskan bahwa ada dukungan lain dari program yang telah diselenggarakannya ini. Salah satunya adalah penambahan kategori ‘Galeri Indonesia’ yang mengkhususkan untuk mempromosikan produk lokal karya pengusaha kreatif Indonesia ke pasar luas.