Asik, Blibli.com Bangun Taman Bermain Anak Berfasilitas WiFi

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Meski menyandang sebagai kota besar, jumlah taman bermain anak di tempat publik dengan fasilitas memadai masih sangat terbatas. Hal ini menjadi perhatian situs e-commerce Blibli.com yang kemudian bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta lewat program corporate social responsibility (CSR). Blibli.com membangun taman bermain anak atau resminya disebut Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang memiliki fasilitas Wi-Fi di beberapa titik di Jakarta.

Hari ini, Blibli.com dan Pemkot DKI meresmikan RPTRA di Pulo Gundul, Jakarta Pusat. Secara total, saat ini sudah ada empat taman bermain anak dengan fasilitas WiFi yang telah dibangun Blibli.com. Peresmian RPTRA Tahap II yang dipusatkan di Pulo Gundul, Jl Kramat, Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat ini adalah hasil diskusi bersama dengan pihak Pemerintah serta Masyarakat sekitar.

Blibli

“Kami sangat bahagia akhirnya bisa meresmikan empat ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), bagi warga Jakarta. Kami berharap RPTRA ini bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh banyak orang terutama warga setempat,” jelas Kusumo Martantoo, Chief Executive Presiden (CEO) Blibli.com.

Dirinya menambahkan bahwa sumbangaun berupa pembangunan RPTRA ini, adalah sebagai bagian dari bentuk dukungan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah Anak (child friendly cities). Tempat ini juga sekaligus diungkapkan bisa dimanfaatkan warga untuk interaksi sesama masyarakat.

RPTRA yang dibangun di wilayah Pulo Gundul, Jakarta Pusat tersebut dibangun diatas tanah seluas 1.189 m2, sedangkan pada wilayah RPTRA Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat dibangun dengan luas 2.028m2. Dimana wilayah ini terdiri dari tempat bermain anak, sekaligus ruang sosialiasi dan edukasi yang bisa melatih anak belajar dan bermain yang sekaligus dilengkapi dengan koneksi WiFi.

Blibli

“Kini para orangtua bisa lebih sering mengajak anak-anak berinteraksi langsung dengan melakukan berbagai kegiatan di RPTRA seperti olahraga, bermain di alam terbuka atau membaca di perpustakaan yang ada di lokasi,” tambah Kusumo.

Ia juga berharap bahwa maksimal penggunaan RPTRA ini bisa memberikan manfaat lebih, terutama dipembangunan sektor ekonomi ritel. Hal tersebut diungkapkannya sudah berjalan di lokasi Krendang, dimana wilayah tersebut sudah didirikan PKK Mart menjadi tempat jualan produk dari PKK dan penyaluran bahan pokok ke anggota dengan harga terjangkau.

Kusumo juga menambahkan bahwa dalam perawatan selama 6 bulan ke depan, RPTRA ini memang akan masih dibantu oleh pihak perusahaan Blibli.com. Namun setelahnya, diharapkan masyarakat sekitar bisa bergotong-royong dan bekerja sama untuk merawat dan menjaga kelestarian tempat yang bisa memberikan manfaat positif semua pihak.

Leave a Comment