Blaupunkt Sonido J1 resmi masuk pasar Indonesia menyusul saudaranya Blaupunkt Sonido X1+. Mengandalkan kualitas audio mumpuni yang diklaim terbaik di kelasnya, Blaupunkt Sonido J1 menyapa peminat dengan harga perdana Rp 3.949.000. Lantaran kualitas audionya yang jempolan sang vendor lebih mengkategorikan perangkat mobile ini sebagai soundphone ketimbang smartphone.

Hermanto, Product Marketing Manager Blaupunkt Indonesia menegaskan jika Blaupunkt Sonido J1 lebih tepat disebut soundphone ketimbang smartphone. “Kualitas audionya di atas rata-rata ponsel yang sekelas dengannya. Selain itu soundphone kami sudah dikemas bersama headset Blaupunkt dalam paket penjualannya,” ujar Hermanto kepada ArenaLTE pada ajang peluncuran Blaupunkt Sonido J1 di Jakarta, Kamis (9/7).

Hebatnya lagi, ternyata Indonesia adalah pasar pertama yang menikmati kedatangan Blaupunkt Sonido J1. “Soundphone ini baru pertama kali meluncur di Indonesia dengan harga jual yang masih cukup terjangkau di kelasnya. Indonesia adalah pasar pertama di dunia yang menikmati kehadiran Blaupunkt Sonido J1. Belum ada di negara lain,” tutur Hermanto.

Blaupunkt Sonido J1 Optimis di Pasar Indonesia

Saat disinggung kenapa memilih pasar Indonesia sebagai target marketnya, Blaupunkt mengaku tergiur lantaran potensinya yang besar. “Pasar smartphone di Tiongkok, India dan Indonesia salah satu yang terbesar di dunia. Setelah melalui beberapa pertimbangan, kami melihat potensi pasar Indonesia yang besar sehingga memutuskan first launch di sini,” kata Hermanto.

Selain Blaupunkt Sonido J1, vendor asal Jerman ini sejatinya sudah merilis Blaupunkt Sonido X1+. Hermanto mengaku jika respon pasar terhadap seri pertama Blaupunkt Sonido X1+ cukup baik. Kendati enggan merinci angka penjualan yang sudah dibukukan, ia menegaskan distribusi Blaupunkt Sondo X1+ sudah menembus 10 kota besar di Indonesia.

Segera Geber Soundphone 4G LTE

Terkait trend perangkat berbasis 4G LTE, Hermanto pun akhirnya angkat bicara. Sang vendor rupanya tengah menyiapkan seri soundphone 4G LTE yang masih dirahasiakan keberadaan maupun waktu peluncurannya. “Statusnya masih konfidensial, jadi waktu peluncuran maupun spesifikasinya belum bisa diungkap,” ujar Hermanto.

Jelasnya, lanjut Hermanto, perangkat Blaupunkt 4G LTE yang pasti keluar di 2015 tersebut bakal menjadi yang pertama kali ada di dunia. Tentu saja kehadirannya akan tetap mengikuti aturan TKDN pemerintah. Sekedar informasi, dua seri soundphone yakni Blaupunkt Sonido J1 dan Blaupunkt Sonido X1+ memang belum ditunjang layanan 4G LTE.