ArenaLTE.com – Tak bisa dipungkiri lagi layanan aplikasi mobile berhasil mendominasi waktu online konsumen Indonesia, data GfK terbaru juga mendeteksi bahwa aplikasi Blackberry Messenger (BBM), Google Playstore and Google Search merajai 3 aplikasi smartphone yang paling banyak digunakan dan diinstal oleh 92, 87, dan 70 persen dari pemilik smartphone di kota-kota besar Indonesia.

Jika dilihat berdasarkan durasi dan frekuensi penggunaan aplikasi, BMM masih menduduki peringkat tertinggi, melewati semua aplikasi mobile lainnya dengan selisih yang cukup besar. Pada bulan Desember lalu saja, aplikasi BBM ini digunakan 518 kali untuk rata-rata 652 menit oleh setiap pengguna.

Kini, Blackberry kembali menghadirkan update terbaru layanan BlackBerry Messenger (BBM) mereka dengan menghadirkan lebih banyak privasi dan kendali pada penggunaan BBM. Dengan rilis fitur baru BBM ini, sekarang pengguna BBM dapat memanfaatkan fitur privasi dan kontrol yang ditingkatkan, memungkinkan mereka untuk mengambil kendali atas pesan dan konten yang mereka bagikan tanpa biaya berlangganan.

Pengguna BBM dapat ‘Menarik’ (Retract) pesan dan gambar mereka dari penerima dan mengambilnya kembali dari ponsel mereka bila dikirim sebagai kesalahan, atau bila tidak ingin diakses lagi oleh penerimanya. Ditambah juga, dengan pengaturan waktu, pengguna dapat mengendalikan berapa lama kontak tersebut dapat melihat pesan dan gambar yang telah dibagikan atau memberitahukan lokasi mereka selama yang mereka mau.

“Membangun di atas kedekatan, kehandalan dan keamanan yang terkenal dan melekat pada BBM, rilis terbaru memberikan tingkat privasi dan kontrol yang tidak tertandingi bagi pengguna BBM tanpa biaya berlangganan,” kata Matthew Talbot, SVP BBM di BlackBerry. Menurutnya, dengan menjaga kendali atas pesan dan konten yang dibagikan, pengguna BBM dapat memastikan bahwa apa yang mereka bagikan selalu dalam kendali.

BBM AndroidBerikut ini daftar fitur baru BBM :

  • Meneruskan pesan dari satu chat ke chat lainnya
  • Kemampuan untuk mematikan notifikasi untuk multi-chat pada Android
  • Menggeser melewati semua gambar yang dibagikan dengan chat perorangan atau multi-chat pada android
  • Memilih apabila pengguna ingin foto yang diambil dengan BBM chat disimpan pada ponsel.
  • Peningkatan fitur berbagi video – mengambil dan membagikan video yang lebih besar pada iOS
  • Mendesain kembali tampilan dan nuansa chat pada iOS
  • Mode multi-select untuk mengizinkan lebih dari satu pesan untuk dihapus, ditarik kembali atau di teruskan sekaligus pada iOS
  • Menarik dan mengubah pesan dalam chat grup di BlackBerry 10
  • Menarik chat – menarik semua pesan terkirim saat anda mengakhiri obrolan di BlackBerry10
  • Dukungan Marshmallow (Android 6.0)