ArenaLTE.com – Setelah menyelesaikan proses akuisisi WatchDox pada Mei 2015 yang lalu, kini BlackBerry secara resmi meluncurkan pembaruan layanan aplikasi BlackBerry WatchDox untuk para pelanggannya. Pembaruan ini mencakup dukungannya terhadap perangkat BlackBerry 10 dan integrasi tambahan untuk berbagai sistem operasi mobile.

BlackBerry WatchDox diklaim merupakan solusi aman untuk berbagi file dokumen dan manajemen konten mobile agar pengguna dapat selalu terhubung dengan berbagai file dokumen baik dari PC, tablet atau smartphone. Sehingga pengguna personal maupun kalangan enterprise dapat memiliki kendali penuh terhadap konten yang dimiliki oleh perusahaan, walaupun file dokumen tersebut telah di-download dan dibagikan dengan pihak ketiga.

Billy Ho, Executive Vice President, Enterprise Products and Value Added Solutions, BlackBerry melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa Blackberry WatchDox solusi yang ideal untuk perusahaan dalam memberdayakan karyawan untuk berkolaborasi dan memudahkan mereka untuk lebih produktif seiring dengan lingkungan pekerjaan yang semakin memadukan antara penggunaan mobile dan desktop.

“Kami percaya bahwa WatchDox by BlackBerry merupakan solusi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan ini dan aplikasi terbaru untuk BlackBerry 10 akan memberikan keuntungan-keuntungan untuk pengguna melalui kemampuan manajemen konten mobile. Aplikasi ini merupakan tambahan yang bagus untuk penawaran mobile yang kami miliki saat ini untuk iOS dan Android serta web dan antar-muka desktop,” ujar Billy.

Dengan BlackBerry WatchDox, pengguna dapat melakukan akses online yang aman meskipun terhubung dengan berbagai konten. Juga aman ketika melakukan sinkronisasi terhadap perangkat mobile, desktop dan di dalam web. BlackBerry WatchDox juga menyediakan integrasi dengan Enterprise Identity by BlackBerry, yang mendukung pengguna untuk mengakses aplikasi dari berbagai macam akses termasuk perangkat mobile, PC, dan juga web hanya dengan single sign-on otentikasi.

Melalui BlackBerry WatchDox, Pengguna dapat melakukan penjelajahan, akses, mencari dan melihat Microsoft Office, file PDF dan gambar dari Windows File Share and Microsoft SharePoint. Selain itu sesama rekan kerja juga dapat berbagi tautan berisi konten dengan pihak ketiga yang berkolaborasi dengan mereka sehingga meningkatkan produktivitas tanpa membahayakan data perusahaan.

BlackBerry WatchdoxUntuk perusahaan yang memerlukan  tingkat keamanan tinggi, semua konten yang dilihat dengan Blackberry WatchDox di OS BB10 dapat diaudit agar sesuai dengan ketentuan perusahaan. Enkripsi dokumen juga disediakan melalui peraturan digital rights management (DRM) yang diterapkan di semua file, dan hanya dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi BlackBerry WatchDox untuk memastikan proteksi data yang menyeluruh.

Lebih lanjut, BlackBerry WathDox juga mendukung koneksi dengan berbagai sistem task menajemen yang familiar lainnya, seperti Samsung KNOX, Android for Work dan Secure Work Space untuk iOS dan Android.

Update BlackBerry WatchDox ini menambahkan kemampuan untuk menyediakan area kerja. Jadi aplikasi Balckberry WatchDox akan sepenuhnya terpisah dari konten personal dan memberikan lapisan tambahan untuk keamanan dan privasi. Pembaruan ini  juga mengintegrasikan perangkat produktivitas mobile untuk pengguna dapat mengakses, membuat, edit, menambahkan catatan, mencari, streaming dan berbagi file dokumen serta meningkatkan kemampuan yang memudahkan pengguna untuk bekerja dengan file-file dokumen yang besar.