ArenaLTE.com – Smartphone BlackBerry kian surut ditinggalkan pengguna. Namun bukan berarti perusahaan tinggal diam begitu saja. Melihat masih ada kesempatan lain sebagai usaha untuk bertahan hidup, BlackBerry kini banting setir dengan memfokukan diri pada bisnis di bidang keamanan perangkat lunak enterprise dengan beragam fitur.

“Munculnya jasa layanan komputasi awan sebagai komponen utama bagi sebuah infrastruktur bisnis mengubah cara sebuah organisasi keamanan perangkat lunak. WatchDox melindungi perusahaan yang beroperasi tanpa batas fisik dengan memberikan tidak saja solusi EFSS File Sync and Share yang paling aman, namun juga integrasi canggih dengan Salesforce.com dan BlackBerry Email Protector yang baru,” kata Billy Ho, Executive Vice President, Enterprise Product and Value Added Solutions, BlackBerry.

Dalam keterangan resminya, BlackBerry memperkenalkan WatchDox Email Protector. Ini adalah solusi yang memberikan cara otomatis mengawasi dan mengamankan dokumen yang dikirimkan melalui email dengan menambahkan perlindungan Digital Rights Management (DRM). File integrasi WatchDox Sync and Share akan tersedia untuk Salesforce.com dan Microsoft Office.

Email Protector menggunakan platform WatchDox yang dipandang tinggi untuk secara otomatis menerapkan perlindungan DRM kepada lampiran email yang dikirim melalui gateway email sebuah organisasi berdasarkan kebijakan terkontrol seperti penerima, atau tipe file. Administrator dapat melindungi atau mengecualikan tipe file tertentu, pengguna atau seluruh domain.

Baca juga: BlackBerry Hadirkan Aplikasi WatchDox, Solusi Berbagi File Aman Antar Platform

BlackBerry Watchdox

Sebagai salah satu aplikasi SaaS (Software as a Service) yang paling banyak digunakan dan sebuah sistem rekam, semakin banyak data yang saat ini dilindungi di dalam Salesforce. Termasuk informasi paling sensitif tentang bisnis perusahaan. Perusahaan yang bekerja dengan Salesforce dapat mengambil manfaat dari fitur penyimpanan berbagi, berkolaborasi dan pengamanan dokumen yang disesuaikan (customized) dari WatchDox, langsung dari dalam Salesforce.com.

Dengan menggunakan WatchDox untuk menyimpan dan berbagi files yang terkait langsung di Salesforce, perusahaan dapat menerapkan kebijakan tertentu untuk menghindari kehilangan data yang sangat mahal. Akses pengawasan dapat disuai-atur (customized) dan intuitif serta file dapat diatur untuk kadaluarsa atau diambil kembali kapanpun diperlukan.