ArenaLTE.com – Dengan mulai maraknya penggunaan perangkat VR (Virtual Reality) banyak aspek hiburan yang bisa didefinisi ulang. Salah satunya adalah bioskop. Dan seperti sudah diduga sebelumnya, kini telah dibuka bioskop virtual reality pertama di dunia yang berada dii kota Amsterdam, Belanda. Sebagai penggagas bioskop unik ini adalah Samhoud Media.

Hadirnya bioskop virtual reality pertama di Amsterdam mungkin bisa menjadi awal VR Headset bakal menggantikan bioskop konvensional. Bioskop virtual reality permanen pertama di dunia hadir dengan nama “Virtual Reality Cinema.”

Samsung Gear VR dan Samsung Galaxy S6 menjadi gadget yang dipilih oleh bioskop virtual reality pertama tersebut. Untuk menyuguhkan audio berkualitas, setiap penonton di Virtual Reality Cinema akan menggunakan headphone buatan Sennheiser HD 201 yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Baca juga:

virtual reality studio

Berbeda dengan bioskop konvensional, bioskop VR tidak memiliki layar dengan tempat duduk yang mengarah ke layar tersebut. Sebaliknya, para penikmat alias penonton duduk di kursi yang bisa berputar, dan diberi fasilitas berupa Samsung Gear VR dan headphone Sennheiser HD 201. Para penonton dapat berputar secara bebas di kursi mereka untuk menonton film VR yang dapat dinikmati 360 derajat.

Virtual Reality Cinema di Amsterdam memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 50 penonton. Dan film yang akan diputar di Virtual Reality Cinema hanya memiliki durasi sekitar 30 menit. Meski hanya menayangkan film berdurasi sekitar 30 menit tapi harga selembar tiket untuk menonton film dengan gadget VR di Virtual Reality Cinema dibanderol sebesar €12,50 atau sekitar Rp 180 ribuan.

Perusahaan yang ada di balik bioskop virtual reality ini juga berencana membuka bioskop serupa di sejumlah kota besar di Eropa, seperti di London, Paris, Berlin dan Madrid.