ArenaLTE.com – Menjelang momen belanja musiman pada tanggal 12 Desember 2016 (12/12), Criteo, perusahaan teknologi untuk kinerja pemasaran, mengungkapkan bahwa konsumen Indonesia akan mengalami lonjakan belanja online Harbolnas 1212.

Diperkirakan, sebanyak 62 persen pengguna akan mengambil keputusan pembelian melalui perangkat yang berbeda dari perangkat yang mereka gunakan untuk pertama kalinya, dan para peritel atau pengusaha yang mampu memanfaatkan tren ini bakal meraup keberhasilan dalam mendorong transaksi pada musim belanja kali ini.

Berdasarkan analisis Criteo pada 8,2 juta transaksi yang dilakukan di Indonesia untuk situs peritel utama pada tahun lalu, ditemukan bahwa pada 12 Desember, ada peningkatan 78 persen pengunjung pada situs peritel utama dan peningkatan 192 persen pada penjualan.

Sebanyak 62 persen pembeli mengunjungi situs peritel utama dengan perangkat yang berbeda sebelum melakukan pembelian akhir. Para toko online harus mampu mengenali kebiasaan browsing dan pembelian konsumen melalui beragam perangkat dan memastikan mereka menggunakan teknologi yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan orang yang sama yang berbelanja melalui berbagai perangkat.

Criteo juga memprediksi bahwa perdagangan melalui smartphone (mCommerce) akan mendominasi penjualan eCommerce tahun ini – 34 persen dari transaksi online di perusahaan ritel besar dihasilkan melalui pengguna smartphone, dan 33 persen lainnya melalui aplikasi mobile.

belanja onlineAlban Villani, Direktur Komersial, Criteo, Asia Tenggara, Hong Kong dan Taiwan  dalam keterangan resminya mengungkapkan bahwa momen belanja musiman seperti pesta belanja online Harbolnas 1212 semakin populer.

Jika dibandingkan data tahun lalu, kami melihat peningkatan signifikan dalam lalu lintas situs internet dan konversi penjualan yang mengarah pada 12 Desember.

Selama periode ini, dua pertiga konsumen akan menggunakan berbagai perangkat untuk meramban website ritel Indonesia sebelum akhirnya melakukan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen tidak hanya mencari promosi terbaik selama periode musiman saja, melainkan juga melakukannya melalui berbagai perangkat.

Oleh karena itu, para peritel harus beralih menggunakan penargetan lintas perangkat dan teknologi yang sesuai untuk dapat secara tepat menangkap perilaku mereka. Juga terlibat secara langsung dengan pengguna kapan pun dan di mana pun mereka melakukan pencarian di internet dan melakukan pembelian,” pungkas Alban Villani.