ArenaLTE.com – Blackberry baru saja mengumumkan bahwa mereka mulai menyediakan BBM Video ke sejumlah besar basis penggunanya di kawasan Asia Pasifik. Fitur ini sendiri sudah mulai bergulir lebih dulu buat pengguna Android dan iOS di kawasan Kanada dan AS. Pengguna BBM di sana merupakan yang pertama kali menerima update ini.

BBM Video memang tak sepopuler aplikasi messaging dan video call lain seperti Facebook Messenger dan WhatsApp, tapi bukan berarti Blackberry diam saja. Terbukti jika Blackberry kemudian mengumumkan kehadiran BBM Video untuk wilayah di Asia Pasifik. Sebuah langkah tepat mengingat di area tersebut memiliki basis pengguna terbanyak dimana Indonesia menjadi salah satunya.

BBM video 1Dalam postingan di blog-nya, Blackberry mengumumkan bahwa layanan BBM Video yang bergulir lebih dulu di kawasan di AS dan Kanada dilakukan supaya mereka bisa memperbaiki bug sebelum hadir untuk kawasan yang lebih luas di Asia Pasifik. Update BBM Video ini sendiri bergulir secara otomatis.

BBM Video bisa berjalan di smartphone yang mengadopsi sistem operasi Android 4.4 atau iOS 8 ke atas. Pengguna tak perlu lagi mendaftar atau meminta persetujuan terlebih dahulu untuk menggunakan layanan cross platform ini. Tapi kontak BBM masih dibutuhkan untuk melakukan panggilan. Sebenarnya fitur ini sudah hadir duluan buat pengguna OS Blackberry 10.

BlackBerry menyebutkan jika BBM Video versi 1.0 ini merupakan bagian besar dari rilis BBM yang direncanakan dalam waktu dekat ini. Perusahaan akan membawa fitur baru seperti registrasi menggunakan nomor telepon bukan lagi melalui email, stiker dan perbaikan group chat.

BBM Video ini hadir dengan tampilan yang mudah dilihat. Tinggal lakukan mode chat kepada salah satu teman dan tekan ikon video di kanan atas. Setelah itu mode panggilan dalam bentuk video dapat kamu lakukan kepada teman atau keluarga.

Lebih jauh, pengguna Android akan bisa berbagi video dengan kapasitas lebih besar melalui jaringan, sementara pengguna iOS kini bisa menikmati fitur untuk mematikan (mute) percakapan. Registrasi via nomor telepon juga akan diimplementasikan sehingga mempermudah pemulihan buat pengguna yang lupa password.

Awal tahun ini, BBM menerima ‘major update’ di Android dan Blackberry 10. Pengguna Android sekarang punya opsi untuk mematikan (mute) percakapan grup dan mengirim ulang pesan dengan lebih mudah. Pengguna juga sekarang bisa browsing semua gambar yang di-share di multi-person chat.