ArenaLTE.com – BlackBerry Limited baru-baru ini mengumumkan joint venture dengan PT BB Merah Putih, memberikan lisensi software dan layanan BlackBerry untuk memproduksi handset bagi pasar Indonesia. Dengan kerjasama ini, BlackBerry optimistis bisa mendorong perkembangan perangkat lunak, melalui divisi bisnis Mobility Solutions.

BB Merah Putih menjadi perusahaan yang akan membuat, mendistribusikan dan mempromosikan perangkat bermerek BlackBerry yang menggunakan software dan aplikasi Android BlackBerry yang aman. BB Merah Putih bakal memiliki akses penuh akan pengalaman BlackBerry, termasuk software BlackBerry untuk Android yang aman dan terpercaya, untuk produksi perangkat baru di Indonesia.

bbm videoLebih jauh, Joint venture ini tercipta sebagai bentuk dukungan kepada usaha pemerintah Indonesia. Untuk mempromosikan pengembangan, memproduksi dan pembuatan barang menggunakan sumber lokal. Serta meningkatkan jumlah smartphone LTE dengan nilai tambah, yang tersedia dan terjual di Indonesia.

Joint venture ini dipimpin oleh PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, perusahaan telekomunikasi terkemuka dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia. PT Tiphone adalah afiliasi dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang merupakan operator terbesar di Indonesia. Perusahaan joint venture ini dan afiliasinya secara total memiliki hampir setengah dari pasar mobile di Indonesia.

“Blackberry bukan lagi sekedar tentang ponsel cerdas, tetapi kecerdasan dalam ponsel. Bekerja dengan mitra terpercaya untuk memperluas jangkauan dan ketersediaan dari software mobilitas kami yang aman adalah fokus utama bagi divisi Mobility Solutions, dan joint venture ini adalah salah satu dari langkah selanjutnya dalam membuat strategi lisensi software kami berhasil,” dikatakan John Chen, Executive Chairman dan CEO, BlackBerry.

Smartphone BlackBerry Android PrivLebih jauh, Chen mengungkapkan jika BB Merah Putih terdiri dari perusahaan dengan latar belakang yang kuat dalam menyediakan layanan mobile yang inovatif kepada para pelanggannya. “Menjadikan joint venture yang baru terbentuk ini sebagai kemitraan sempurna untuk menawarkan software mobile BlackBerry yang aman dan terpercaya, tersedia secara eksklusif bagi konsumen Indonesia.”

Tan Lie Pin, CEO PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk menambahkan, lackBerry adalah merek yang dipercaya dan dihormati di Indonesia. “Kemitraan ini memungkinkan kita untuk memberikan pengalaman seluler yang diharapkan oleh para pelanggan kami dengan produktifitas dan keamanan yang disediakan oleh merek BlackBerry.”

Tan Lie Pin optimis dengan memanfaatkan software Android BlackBerry yang aman akan menjadi kesempatan yang sangat berarti. “Kami berharap untuk menghasilkan perangkat inovatif dan berkualitas tinggi bagi para pelanggan kita di Indonesia.”

Divisi BlackBerry Mobility Solutions mengelola bisnis smartphone BlackBerry dan pengembangan software untuk perangkat, termasuk memaksimalkan fitur terbaik dari software BlackBerry 10 dan membuat software tersebut dapat diakses di platform lain, termasuk Android. Kemitraan terbaru ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan BlackBerry untuk mendorong pertumbuhan solusi mobilitas yang aman dan terpercaya pada semua platform dan perangkat. Dengan bekerja bersama pihak ketiga seperti BB Merah Putih, BlackBerry optimistis dapat memajukan pengenalan merek perusahaan dan janji akan keamanan yang mencapai tingkat regional dan pengguna di seluruh dunia.