ArenaLTE.com – Bank OCBC (Oversea-Chinese Banking Corporation), jaringan perbankan global yang berbasis di Singapura, dilaporkan telah membuat terobosan besar terkait layanan mobile payment. Lebih tepatnya salah satu layanan Bank OCBC, yakni Pay Anyone e-payment kini telah terintegrasi dengan aplikasi Siri dan iMessage untuk mendukung pembayaran peer to peer yang didukung teknologi berbasis pesan dan suara.

Berkat integrasi tersebut, kini Bank OCBC memungkinkan model perintah suara dapat mendukung aplikasi mobile banking yang difasilitasi oleh aplikasi Siri dan iMesage. Seperti dikutip dari situs Telecomasia.net (2/11/2016), pengguna iOS dapat mengeluarkan perintah suara lewat Siri, asisten virtual besutan Apple.

Perintah suara ini mencakup menentukan penerima pembayaran, dan penentuan jumlah atau nilai yang akan dibayarkan. Hebatnya lagi, terobosan dari Bank OCBC ini juga memungkinkan untuk melakukan transfer ke rekening orang lain lewat iMessage, yakni platform layanan messaging dari Apple.ocbc-pay-anyone

Siri dan iMessage menjadi dua aplikasi yang digadang untuk mendukung layanan OCBC Pay Anyone. Sebagai bagian dari aplikasi mobile banking, solusi ini dapat dinikmati oleh semua nasabah OCBC yang menggunakan smartphone iPhone dengan iOS 10 dan tentunya update aplikasi terbaru dari OCBC mobile banking. Dalam proses transaksi, OCBC memberikan panduan dan otentifikasi yang terintegrasi pada akun perbankan nasabah.

Untuk mengirim uang menggunakan Siri, pengguna perlu untuk menginstruksikan Siri dengan perintah suara yang menunjukkan siapa-siapa dari daftar kontak mereka untuk mengirim uang ke sesoerang, dan jumlah uang yang dikirim. Setelah membuat permintaan ini, antarmuka Siri di iPhone meminta pengguna untuk mengkonfirmasi rincian pembayaran. Setelah rincian pembayaran dikonfirmasi, pengguna akan dipandu untuk menyelesaikan transfer menggunakan OCBC Pay Anyone.

Selain itu, pengguna dapat memilih untuk mengirim uang melalui iMessage dengan cara mengetik nama-nama orang yang akan dikirim, pola ini dapat dilakukan tanpa meninggalkan percakapan atau menutup aplikasi pesan atau membuka aplikasi lain. Dalam layar percakapan iMessage, pengguna dapat memilih aplikasi OCBC Pay Anyone untuk melakukan pembayaran langsung ke orang yang diajak chatting. Di Indonesia, OCBC juga hadir lewat Bank OCBC NISP (dahulu bernama Bank NISP).