PT. SML Technologies (SML Technologies) bekerjasama dengan Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia meresmikan joint innovation research center atau riset center UI. Kerjasama ini bertujuan sebagai salah satu sarana untuk membangun kultur riset (penelitian) bagi SML Technologies sendiri maupun untuk Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE-FEUI).

Peresmian kerjasama riset center UI ini berlangsung pada Senin (6/7/2015) bertempat di Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia, Depok – Jawa Barat. Kedua pihak optimistis joint innovation research center ini bisa menghasilkan ide-ide yang dapat dikomersialisasikan untuk industri terkait dengan bisnis telekomunikasi dan informasi serta membangun environment test untuk teknologi baru.

“Perusahaan kami sejak awal punya niat untuk creating future. Dan untuk mendukung upaya creating future tersebut, base-nya adalah riset. Kami juga menyadari bahwa selama ini kultur riset di Indonesia masih sangat kurang. Oleh karena itu, sesuai dengan visi dan misi perusahaan, kami berusaha mendorong agar kultur riset ini dapat terus dibangun,” ujar Shiftyanto, Deputy CEO PT SML Technologies, di sela-sela acara peresmian di Gedung Mochtar Riyadi, Plaza Quantum (MRPQ), Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

“Untuk tahap awal investasinya Rp2,5 miliar. Kerjasama ini berlangsung selama 5 tahun,” sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kerjasama riset center UI, SML Technologies berkontribusi menyediakan sarana penunjang yang diperlukan untuk melakukan penelitian yang dimaksud, beserta dengan staff yang ditugaskan khusus untuk bekerja secara penuh dilingkungan DTE-FEUI dan menyediakan pembiayaan operasional yang diperlukan untuk melakukan penelitian yang dimaksud.
Adapun DTE-FEUI menyediakan fasilitas ruangan bagi SML Technologies untuk menunjang subyek penelitian dengan menyediakan dosen-dosen yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, serta membuka akses kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam riset center UI bersama-sama dengan SML Technologies.

Sekedar informasi, SML Technologies adalah perusahaan yang bergerak di industri ICT. Dengan core bisnis di bidang telekomunikasi, kini perusahaan tersebut sudah merambah ke bidang lain, seperti: Energi, Perbankan, Farmasi dan lain-lain sejak 2 tahun terakhir.

Salah satu stream line bisnis SML Technologies adalah produk software. Mengembangkan sendiri OSS (Operating Support System) platform anak bangsa yang dipakai beberapa operator telekomunikasi seperti Telkomsel dan Indosat maupun industri lain seperti Indonesia Power (Energi). Riset center UI ini menjadi salah satu program untuk mengembangkan kultur riset.