ArenaLTE.com – Dengan jumlah pengguna per Juli mencapai 900 juta, popularitas WhatsApp terus meroket, termasuk tentunya di Indonesia. Sebagai aplikasi chat yang banyak dimanfaatkan untuk beragam tujuan, bekal fitur backup menjadi penting untuk menyimpan riwayat percakapan. Selain menyimpan backup di memori ponsel, pengguna akan segera memiliki opsi untuk backup WhatsApp di Google Drive.

Seperti dikutip Ubergizmo.com (7/10/2015), pengguna akan dapat membuat backup dari semua data WhatsApp mereka ke dalam layanan cloud milik Google tersebut. Backup WhatsApp di Google Drive termasuk pembicaraan, pesan suara, foto dan video. Dan Anda dapat kembali mengunduh data tersebut ke sebuah smartphone baru jika perlu.
Baca: Google Rilis Tiga Aplikasi Android Marshmallow Terbaru

Dari penjelasan tersebut maka setelah backup WhatsApp di Google Drive akan membuat private backup chat history, dari voice message, video dan foto yang akan di simpan di Google Drive. Dengan hal tersebut maka sekali backup, maka memudahkan untuk restore pada perangkat baru hanya dengan beberapa taps. Setelah aktifkan fitur backup tersebut, anda sebagai pengguna bisa untuk minta fitur tersebut untuk mem-backup history secara harian, mingguan dan bulanan. Pilihan tersebut sesuai dengan keinginan Anda dalam menyimpan data penting.

Sejatinya, fitur backup sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.12.303 yang tersedia di whatsapp.com/android. Namun, WhatsApp terbaru, versi 2.12.304 yang baru dirilis di Play Store kini sudah menghilangkan fitur tersebut. Selama ini, WhatsApp memang sudah menyediakan fitur backup, namun data tersebut disimpan di dalam penyimpanan internal smartphone. Lebih lanjut, pengguna yang login di perangkat yang berbeda tidak bisa mengakses percakapan sebelumnya.

Fitur backup WhatsApp di Google Drive ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan, dan belum diketahui persis tanggal pasti peluncurannya. “Karena itu cek selalu menu Settings di WhatsApp,” ujar Scott Johnston, Director of Product Management Google.

Comments

  1. […] Selama ini, WhatsApp memang sudah menyediakan fitur backup, namun data tersebut disimpan di dalam penyimpanan internal smartphone. Kita dapat membuat backup dari semua data WhatsApp mereka ke dalam layanan cloud Google Drive, termasuk pembicaraan, pesan suara, foto dan video. Kita juga dapat kembali mengunduh data tersebut ke sebuah smartphone baru jika perlu (restore). Baca juga: Percakapan WhatsApp Segera Bisa Dibackup di Google Drive […]