ArenaLTE.com – Semua orang tahu jika YouTube merupakan surganya konten video. Namun sepertinya YouTube akan bertransformasi dari hanya sebagai rumah video menjadi sebuah sosial media. Hal ini terungkap dari pihak pengembang Backstage Youtube yang sedang menjalankan projek besar perubahan ini.

Seperti yang dilansir Venture Beat perubahan di Backstage YouTube ini nantinya akan membuat kita mampu memposting konten foto, teks, video dan polling di channel Youtube yang kita miliki.

Perubahan ini dilakukan untuk menghadapi persaingan ketat di dunia sosial media, sebut saja Facebook, Snapchat dan Twitter yang semakin populer dengan konten video mereka. Facebook dan Twitter bahkan telah berhasil menunjukkan bahwa sebagai sosial media, mereka juga mampu menjadi tujuan utama para pencari konten video.

Perhatikan saja postingan di kedua sosmed ini, sekarang sudah didominasi oleh konten video. Tidak hanya konten video saja Facebook dan Twitter juga sudah melengkapinya dengan kemampuan untuk melakukan Live Streaming video.

Untuk mampu bersaing dengan sosial media ini, YouTube yang menjadi jawara di konten video pun harus beradaptasi dengan fitur dan fasilitas seperti layaknya sosial media. Rencananya kita akan bisa menikmati fitur baru di Youtube ini paling lambat akhir tahun ini.

Mirip dengan tampilan Timeline Twitter atau Newsfeed milik Facebook, “Backstage” milik Youtube ini akan muncul dan aktif pada menu tab Home dan Video dalam channel Youtube kita. Dan setiap posting yang kita lakukan di “Backstage” ini akan muncul secara kronologis berdasarkan waktu posting, dan nantinya setiap posting yang dilakukan juga akan muncul notifikasi bagi para subscriber jadi memungkinkan untuk dapat dilihat langsung oleh mereka.

Backstage Youtube ini juga akan menjadi tempat untuk menghadirkan konten terbaru youtube seperti berkirim pesan (teks posting), Foto dan membuat polling. Bahkan ada kemungkinan kita bisa sharing video juga di fitur ini. jadi pengguna youtube bisa memposting video secara private hanya di backstage ini saja seperti layaknya video sharing hanya antar youtuber dan fans saja.

Perubahan ini juga akan merubah komunikasi satu arah yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan mengomentari video saja khususnya bagi para artis dan publik figur. Youtube berharap fitur ini mampu menghadirkan pengalaman berkomunikasi yang baru menggunakan video, foto dan berbagai tipe komunikasi interaktif lainnya. Dimana sharing dan menonton video tetap menjadi fungsi utama dari layanan youtube.