ArenaLTE.com – Ada bug pada smartphone tentu sudah lumrah kita dengar, umumnya terdapat pada aplikasi dan sistem operasi. Tapi ada bug yang cukup unik, kali ini yang bersarang di dalam chip prosesor smartphone. Dan hal ini telah menimpa prosesor MediaTek.

Manufaktur prosesor asal Taiwan ini  telah mengkonfirmasi bahwa ada celah pada software mereka. Bug ini akan membuat perangkat Android yang menggunakan prosesor buatan mereka terancam diretas. Perusahaan pembuat prosesor tersebut menyebutkan bahwa masalah ini hanya akan mempengaruhi perangkat yang masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

MediaTek menyebutkan bahwa kemunculan bug ini disebabkan oleh kelalaian pihak pembuat smartphone. Mereka menyebutkan, bug ini muncul karena pihak produsen smartphone yang memakai prosesor MediaTek tidak mematikan fitur debug yang seharusnya dimatikan sebelum mereka meluncurkan smartphone buatan mereka ke pasar. Fitur debug biasanya digunakan oleh pihak pengembang untuk mencari bug yang masih tersisa.

“Kami sadar akan adanya masalah ini. Masalah ini sedang ditinjau oleh tim keamanan MediaTek. Sebagian besar smartphone yang terinfeksi menggunakan Android 4.4 KitKat. Bug ini muncul karena fitur debug yang dibuat untuk pengujian telekomunikasi intra-operabilitas di Tiongkok,” kata juru bicara MediaTek, seperti dikutip dari Ubergizmo.com (29/1/2016). Celah ini pertama kali dilaporkan oleh seorang peneliti keamanan Justin Case di awal bulan ini. Keberadaan bug ini memungkinkan seorang hacker untuk mendapatkan akses pada level root.

“Akses pada level root memungkinkan seseorang untuk melakukan banyak hal seperti mengakses data yang biasanya terlindungi dari pengguna atau aplikasi lain, membuat smartphone korban tidak berfungsi, mematai-matai korban dan memonitor komunikasi sang korban,” kata Case.

Cara Mengetahui Status Debug pada Smartphone Android

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ponsel Anda sedang diaktifkan fitur debug-nya atau tidak adalah dengan mengakses Developer Option. Pada beberapa ponsel terbaru, menu untuk mengakses Developer Option ini disembunyikan. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mengaksesnya dengan sedikit trik.

Caranya sangat mudah yaitu cukup masuk ke menu Settings > About Phone > Software Information dan tap Build number sebanyak 7 kali, dan kita akan mendapatkan akses ke menu “Developer Options”. Untuk menonaktifkan fitur debug dan semua yang terkait dengan developers, ubah status tombol slider dari On menjadi Off. Sebenarnya dengan mengaktifkan Developer Options, kita bisa bereksperimen lebih banyak dengan ponsel. Misalnya untuk memepercepat kinerja smartphone Android dengan menonaktifkan tampilan animasi, meningkatkan performa GPU dan berbagai hal menarik lainnya. Namun jika bukan tipe pengguna geek yang gemar mengoprek, ini bakal merepotkan.