ArenaLTE.com – Teknologi sudah merambah keberbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Tahukah kalian jika kita bisa belajar dan les private dimana kita bisa belajar, mengerjakan berbagai soal yang dibimbing oleh guru les private secara online? Semuanya bisa dilakukan melalui ruangguru.com salah satu startup karya anak bangsa dibidang pendidikan.

Sejak didirikan pada April 2014, Ruangguru.com menjadi sebuah perusahaan yang mengembangkan berbagai produk dan layanan di bidang pendidikan berbasis teknologi. Ada sekitar 22.000 tenaga pengajar untuk terhubung dengan para pelajar di Indonesia, yang mampu mengajarkan berbagai mata pelajaran mulai dari pelajaran sekolah, persiapan tes tersandardisasi, bahasa asing, musik, olahraga dan sebagainya.

Ruangguru
tim pengajar Ruangguru.com

Tidak hanya menawarkan jasa les private pelajaran, situs ini juga menyediakan layanan platform persiapan tes secara online melalui tes.ruangguru.com. Layanan tersebut memungkinkan para pelajar untuk mengakses ribuan bank soal yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional secara gratis. Platform ini juga menyediakan analisis data untuk membantu para pelajar memahami rekam perkembangan belajar mereka, sehingga siswa dapat lebih fokus pada bidang yang mereka rasa masih lemah.

Platform tes.ruangguru.com inipun berhasil ditunjuk oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu para guru sekolah negeri dan swasta di Jakarta mempersiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015. Juga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini memutuskan bekerja sama dengan tes.ruangguru.com untuk melaksanakan tes tryout online untuk ujian masuk universitas secara nasional.

Baru-baru ini, Ruangguru.com berhasil memperoleh investasi USD jutaan dollar pada putaran Seri A yang dipimpin oleh Venturra Capital. East Ventures juga turut serta dalam pendanaan putaran ini, setelah dukungan pendanaan awalnya pada Agustus 2014 yang lalu. Dukungan investasi ini akan digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia serta diversifikasi layanan.

Iman Usman, CEO dan Co-Founder Ruangguru.com melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com mengungkapkan kegembiraannya dapat bekerja sama dengan Venturra Capital sebagai investor baru untuk meningkatkan jangkauan secara nasional dan mengokohkan peran kami di sektor pendidikan. “Kami berambisi untuk menjadi penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan fokus untuk memungkinkan akses terhadap guru dan materi pembelajaran berkualitas,” jelasnya.

RuangguruTentang Ruangguru.com

Didirikan sejak April 2014, Ruangguru.com berhasil memperoleh penghargaan Situs Pendidikan Terbaik Indonesia dari Bubu Award 2015. Startup ini didirikan oleh Adamas Belva (Belva, 25 tahun) dan Iman Usman (Iman, 24 tahun). Belva sebelumnya bekerja di Goldman Sachs di Singapura, Kantor Kepresidenan Republik Indonesia, dan McKinsey & Company di Jakarta sebelum akhirnya menjalani studi Magister ganda di Stanford University (MBA) dan Harvard University (MPA).

Ruangguru
Belva dan Iman, Co-Founder Ruangguru.com

Sementara itu, Iman memperoleh gelar Magister di bidang Education Development di Columbia University dan merupakan penerima berbagai penghargaan internasional untuk karya dan upayanya dalam bidang pendidikan dan pengembangan pemuda sejak dulu hingga saat ini – termasuk dari UNICEF, Qatar Foundation dan British Council. Sebelumnya, Iman bekerja selama beberapa tahun dalam bidang non-profit dan pembangunan di Jakarta dan New York.