ArenaLTE.com – Hampir satu milyar orang diseluruh dunia kini sangat bergantung pada aplikasi chating bernama WhatsApp untuk berkomunikasi antara keluarga, teman, kerabat dan rekan kerja. Mulai dari seorang ayah di Indonesia yang membagikan foto anggota keluarga baru kepada saudaranya, hingga seorang siswa di spanyol yang terus menjaga komunikasi dengan rekannya dirumah, ada juga seorang dokter di Brazil yang sedang berkomunikasi dengan pasiennya dan semuanya mengandalkan whatsApp gratis sebagai sarana komunikasi yang cepat, mudah dan efektif.

Seperti yang dilansir blog resmi mereka, mulai hari ini, WhatsApp mengumumkan untuk menghapus biaya berlangganan pengguna WhatApps dan menjadikan aplikasi WhatsApp gratis sepenuhnya. Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi WhatsApp yang kita gunakan selama memang gratis selama satu tahun pertama, untuk penggunaan WhatsApp selanjuntya akan dikenakan biaya sekitar USD 0,99 atau sekitar IDR12.000 setiap tahunnya.

Efek dari perubahan ini akan membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu untuk dapat berfungsi pada semua versi WhatsApp yang beradar di smartphone pengguna di seluruh dunia. Dan untuk pengguna yang sudah melakukan pembayaran berlangganan akan terpaksa tetap harus mengikuti ketentuan tersebut hingga mendapatkan update layanan WhatsApp gratis. Namun pengguna di Indonesia biasanya akan mendapatkan notifikasi otomatis perpanjangan gratis untuk tahun berikutnya. Kedepannya tidak akan ada notifikasi seperti ini lagi karena Aplikasi WhatsApp gratis sepenuhnya.

Perusahaan juga menerangkan bahwa alasan mereka menjadikan aplikasi WhatsApp Gratis sepenuhnya karena masih banyak pengguna yang tidak memiliki akses ke kartu kredit atau debit. Atau punya akses namun tidak punya dana yang dibutuhkan dan membuat mereka terpaksa berpindah ke layanan yang lainnya dan kehlangan akses terhadap kerabat mereka.

Meskipun nilai berlangganan cukup murah namun dengan miliaran penggunanya potensi pendapatan WhatsApp cukup banyak menghilang dari kebijakan ini. Untuk mengganti kehilangan ini, WhatsApp berencana untuk menghadirkan sebuah tools untuk yang memungkinkan pengguna untuk langsung berkomunikasi dengan organisasi dan perusahaan yang kita inginkan. Seperti misalnya berkomunikasi langsung dengan bank langganan kita ketika terjadi permasalahan dengan rekening kita, atau dengan perusahaan airlines untuk konfirmasi jadwal penerbangan baik melalui teks ataupun voice call via WhatsApp.

Bagaimana pendapat kalian mengenai keputusan WhatsApp ini? Atau hal apa saja yang harus diperbaiki oleh WhatsApp? Silahkan kirimkan komentar kalian disini.