ArenaLTE.com – Banyak orang perlu bersyukur dengan kehadiran seorang asisten, bahkan meski hal itu pun datang dalam bentuk asisten digital. Ya, seperti banyak diketahui bahwa asisten digital seperti Siri dan Google Assistant memang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya.

Namun demikian, hadir dalam platform berbeda menjadikan banyak pengguna bingung mana yang terbaik. Beruntung, seorang Youtuber yang bernama Marques Brownlee memberikan informasi tersebut. Berikut perbedaan fitur Siri terbaru di iPhone dan Google Assistant yang hadir dalam smartphone Pixel.

Dalam video unggahan Brownlee yang dibagikan di situs video berbagi YouTube, diperlihatkan bagaimana pertarungan perintah asisten digital Siri dan Google Assistant menjalankan perintah tuannya. Keduanya diadu untuk mengukur seberapa akurat menjalankan perintah pengguna, seperti menjalankan aplikasi, mengatura alarm, serta melakukan perhitungan dasar.siri-vs-assistant

Asisten digital di iPhone dan Pixel phone diadu untuk mengetahui seberapa besar melakukan akurasi perintah ucapan yang dilakukan penggunanya. Siri yang ada dalam iPhone sepertinya terlihat berjalan baik untuk melakukan perintah dasar. Asisten digital kembangan Apple ini mampu mengatur alarm sesuai permintaan pengguna, serta memberikan informasi lokasi terakhir yang sering didatangi pengguna melalui sebuah aplikasi peta.

Perintah standar yang dilakukan Brownlee mampu dijalankan dengan persisi oleh Siri, sehingga terlihat bahwa asisten digital ini lebih unggul dibanding dari Google Assistant. Namun, tidak berhenti sampai disitu saja karena pengujian dilakukan dengan pertanyaan yang lebih kompleks.

Baca :
Peneliti: Kinerja Apple Siri Ungguli Google Now dan Cortana
Diana, Asisten Pribadi Digital Semua Jenis Ponsel
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  

Ya, dan seperti terlihat dari video yang diunggah sang akun. Sepertinya pertanyaan atau perintah kompleks justru mampu diungguli oleh Google Assistant dibanding Siri. Dari tampilan video diperlihatkan bagaimana Google Assistant mampu menjawab perintah pencarian informasi yang ditanya pengguna mengenai ‘siapa presiden Amerika Serikat?’.

Melalui pertanyaan yang sama, Siri menjawabnya dengan melakukan pencarian terlebih dahulu melalui mesin pencarian online. Sedangkan Google Assistant mampu menjawab secara tepat dengan memberikan jawaban ’Barack Obama’ secara langsung.

Selain itu, ketika ditanya perihal lebih dalam tentang Presiden. Justru Siri mengangap perintah tersebut adalah permintaan baru dan terpisah. Berbeda dengan Google Assistant yang lebih cerdas, asisten digital ini mampu mengetahui bahwa pertanyaan tersebut adalah perintah selanjutnya dari pertanyaan pertama yang dilontarkan si pengguna.

Pun demikian, ada beberapa tempat di mana Siri tampaknya lebih unggul dengan menawarkan lebih banyak informasi bersama dengan jawabannya,  jika penggunanya lebih dalam dan jelas tentang subjek pertanyaan itu sendiri. Tetapi, dari percobaan diatas terlihat bahwa Google Asisten  lebih cakap digunakan dan terasa lebih alami.

Tetapi perlu diingat! Siri dan Google Assistant adalah asisten digital dari dua platform yang berbeda, tentu perbedaan kental dari sistem bisa menjadi faktor utamanya. Namun demikian, ini juga tidak menyarankan bahwa Anda harus memiliki dua perangkat itu sekaligus. Berpikir mengenai fungsi dan penggunaan perangkat, sepertinya bisa menjadi aturan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan perangkat terbaik Anda.

Anda bisa menikmati video dua asisten digital ini bertarung, check it out!