ArenaLTE.comApple belum lama ini telah mengumumkan pendapatannya untuk kuartal ketiga. Raksasa teknologi besutan mendiang Steve Jobs ini juga telah mengungkapkan berapa juta unit iPhone dan iPad yang telah terjual pada kuartal sebelumnya. Tapi sayangnya, laporan ini tak menyebutkan tentang kinerja penjualan Apple Watch.

Justru informasi tersebut datang dari sumber pihak ketiga. Adalah lembaga riset Strategy Analytics yang menyebut bahwa Apple telah menjual 4,5 juta unit pada kuartal ketiga 2015. Lebih detailnya, perusahaan riset tersebut mengungkapkan angka tersebut diperoleh antara periode Juli hingga September 2015.
Baca: Asyik, Penguna Apple Watch Sekarang Bisa BBM-an

Strategy Analytics dalam laporannya juga menyebut, angka 4,5 juta unit dihitung dari unit yang dikirim ke pelanggan langsung, bukan ke retail, jadi angka penjualan bisa jadi akan masih lebih besar. Dari laporan ini menempatkan Samsung di posisi kedua dengan penjualan 600.000 unit perangkat Gear S, Gear 2 dan Gear Fit. Namun angka tersebut tidak termasuk penjualan dari Gear S2 yang mulai dijual beberapa minggu lalu.

Kinerja penjualan Apple Watch terbilang cukup baik, mengingat pada bulan Juli lalu, atau pada kuartal kedua 2015, Apple Watch ditaksir telah terjual lebih dari 2,5 juta unit. Apple sendiri tak merinci penjualan Apple Watch dalam laporan keuangan. Angka penjualan produk baru ini bakal disatukan dengan angka produk penjualan produk-produk lain seperti iPod dan Apple TV dalam kategori bernama “produk-produk lain”.

Data penjualan yang dirilis  Strategy Analytics memang tidak mungkin 100 persen akurat atau sama dengan data yang dipegang oleh Apple. Namun, setidaknya data itu bisa memberikan sedikit gambaran mengenai penjualan Apple Watch.
Baca: Menguak Latar Belakang Rencana Apple Investasi Timah di Indonesia