ArenaLTE.comApple memang jawara dalam menelurkan beragam fitur dan aplikasi multimedia, tapi agak minor untuk pengembangan aplikasi map, terutama bila dibandingkan dengan kubu Google. Tapi baru-baru ini terendus bila Apple tengan mempersiapkan aplikasi indoor maps. Sudah bukan rahasia lagi, besaran dan komplekstitas bangunan modern di perkotaan memberi peluang hadirnya teknologi indoor LBS (Location Based Service), baik untuk memudahkan navigasi pengunjung, atau berperan dalam mendukung marketing dan promosi.

Informasi ini pertama kali ditemukan oleh pengembang aplikasi Steve Troughton-Smith berdasarkan pengamatannya di App Store. Apple secara diam-diam ternyata merilis aplikasi indoor maps bertajuk “Indoor Survey App” yang mampu mengaktifkan positioning di dalam ruangan.

indoor-surveyDikutip dari Ubergizmo.com (02/11/2015), deskripsi aplikasi ini dengan modus memberikan poin pada peta pada survei yang dibuat Steve Troughton. Anda cukup menunjukkan posisi dalam tempat saat berjalan di area indoor. Ketika Anda berpartisipasi dalam, indoor Survey App maka akan terukur frekuensi radio (RF), data sinyal, yang kemudian digabungkan  dengan data sensor pada iPhone. Dan hasil akhirnya adalah posisi dalam ruangan tanpa perlu menginstal perangkat keras khusus.

Dari paparan diatas, Apple tampak tengah menciptakan solusi pemetaan dalam ruangan. Pada akhirnya, aplikasi dapat disajikan terpisah (stand alone app) atau masuk sebagai bagian dari aplikasi map Apple yang sudah ada saat ini. Sayangnya pihak Apple diam seribu bahasa terkait aplikasi ini.

Bila Apple baru mulai mencoba dengan aplikasi indoor maps, lain halnya dengan Google dan Nokia. Google sejak tahun 2011 telah mengeluarkan fitur baru untuk Google Maps yang dinamakan “indoor maps”. Aplikasi Indoor maps sendiri merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya mengetahui posisi mereka di dalam sebuah mall, airport, atau tempat tempat indoor lainnya yang ukurannya luas dan terdiri dari beberapa lantai. Untuk saat ini fitur ini hanya tersedia di aplikasi Google Maps untuk smartphone Android.