ArenaLTE.com – Apple mengungkapkan layanan musiknya, Apple Music telah memiliki lebih dari 11 juta pelanggan. Hal ini diungkapkan eksekutif perusahaan, Eddy Cue dan Craig Federighi, dalam sebuah wawancara The Talkshow.

Sebelumnya, pada bulan Januari kemarin, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini mengungkapkan bahwa penggunanya telah mencapai 10 juta pengguna. Selain dari Apple Music, statistik peningkatan pengguna dari Apple juga terungkap.

Tak hanya itu, Cue menyebutkan pengguna aktif iCloud kini mencapai 782 juta. Mereka berkontribusi mengunggah foto, menggunakan iMessage, iTunes dan membeli melalui App Store. Dalam status operasinya, iMessage memproses 200 ribu pesan setiap detik, angka yang diterjemahkan sebagai 17 miliar setiap hari. Ditambah lagi, iTunes dan App Store yang menyumbang 750 juta per minggu.

Di samping itu, kedua petinggi perusahaan Cupertino ini juga merespon kritikan mengenai masalah yang melibatkan pengguna iTunes, aplikasi Mail yang menua dan masalah sinkronisasi iCloud.

“Saya tahu kualitas perangkat lunak inti kami telah meningkat selama lima tahun terakhir, meningkat secara signifikan. Namun, bar terus naik dan itu sebuah bar yang kita rangkul,” kata Federighi dikutip dari Apple Insider. “Setiap tahun kami menemukan hal-hal yang unggul setidaknya dalam setahun, dan teknik yang kami gunakan untuk membangun perangkat lunak terbaik menurut kami belum memadai untuk tahun berikutnya karena bar terus naik,” ujarnya.

Kemampuan Apple Music bahkan diprediksi akan melampaui Soundcloud dan Pandora, yang merupakan dua layanan music streaming terbesar saat ini. Sebagai informasi, layanan Apple Music tak hanya dinikmati oleh pengguna iOS (iPhone, iPad, iPod Touch) saja. Namun juga telah merambah ke platform Android.

Untuk memikat pengguna agar tertarik memakai layanan ini, perusahaan memberikan gratis masa percobaan (trial) selama tiga bulan pertama. Setelah itu, bisa melanjutkan dengan membayar biaya berlangganan sebesar USD9,99 per bulan atau USD14,99 per bulan untuk paket Family.