iCloud adalah layanan komputasi awan andalan Apple. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini tengah membangun jaringan berkecepatan tinggi untuk meningkatkan kemampuan layanan awan mereka. Peningkatan ini adalah untuk memperlancar layanan streaming music mereka (Apple Music) dan layanan streaming film yang konon akan rilis pada bulan Oktober tahun ini.

Apple membangun infrastruktur awan lebih kuat dengan menggabungkan dua inisiatif: membangun sebuah jaringan yang lebih cepat dan meningkatkan pusat data mereka. Sampai saat ini belum ada kejelasan berapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk upgrade ini.

Latar belakang di-upgrade-nya layanan tersebut adalah karena Apple dianggap ketinggalan dalam beradaptasi dengan munculnya layanan streaming music beberapa tahun terakhir. Sekarang mereka menjadi lebih agresif dengan meluncurkan Apple Music pada World Developer Congress kemarin.

Apple Music memungkinkan pengguna untuk mencari dan streaming jutaan lagu dari iTunes, dengan playlist yang dikurasi oleh pengamat musik. Terlebih jika menggunakan jaringan 4G LTE, layanan streaming musik akan bisa dinikmati dengan lebih nyaman. Layanan ini juga diselipi unsur-unsur social media layaknya Tumblr dan Instagram – bersama dengan saluran radio streaming yang disebut Beats 1.