ArenaLTE.com – Ada banyak keuntungan dari penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia. Salah satu hal yang menguntungkan dari kehadiran teknologi jaringan generasi ke-empat ini adalah pada pengembang aplikasi maupun konten kreatif. Dian Siswarini, chief executive Office (CEO) XL Axiata, mengungkapkan ada beberapa aplikasi yang memang cocok digunakan pada jaringan 4G LTE, berikut aplikasi yang cocok dihadirkan menurutnya.

“Dalam entertaiment, online gaming adalah salah satu aplikasi yang cocok digunakan pada jaringan 4G saat ini. Sedangkan untuk industri kesehatan adalah remote diagnostic, aplikasi ini di Jerman sudah dipasang pada mobil ambulan. Sehingga, ketika ada emergency twice untuk memonitor pasien dalam ambulan maka ada penanganan pertama langsung dimonitor dari dokter rumah sakit,” jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, dalam sebuah kejadian yang biasanya ada golden momen memang terlalu amat sangat sayang bila dihilangkan. Namun dalam industri kesehatan, golden momen adalahi hal yang sangat penting karena menjadi sumber utama bagi keselamatan pasien.
Baca juga: Manfaat Teknologi Jaringan 4G di Tanah Air

“Supaya tidak kehilangan momen tersebut maka di Jerman memanfaatkan teknologi 4G di dalam ambulannya. Dengan latency yang rendah, maka memungkinkan laporan akan cepat disampaikan. Bayangkan jika dalam keadaan darurat dan urgent, jangan sampai ada buffering karena bisa berbahaya,”

Dirinya juga menambahkan, pengaplikasian 4G ini juga bisa untuk memaintenance kapasitas besar, sehingga cocok untuk aplikasi yang bisa mentransfer data yang besar dan digunakan pada saat yang bersamaan. “Aplikasi sejenis cross sourcing, saat ini sudah banyak diadopsi korporasi yang sebagai platform untuk i-sales dan i-care. Jadi didalamnya ada video dimana konten ini bisa untuk memonitor dan memperbaiki service,” tutur Dian.

Sedangkan untuk solusi siaga, seperti customer relationship management (CRM) teknologi 4G bisa diaplikasi sebagai solusi data besar. Hal ini diungkapkannya karena biasanya dalam CRM, kebutuhan data besar dan akses adalah hal utama.

“Jadi yang terpenting adalah bagaimana kita memanfaatkannya, jadi bagi pengembang tidak hanya ditaruh di aplication store atau toko aplikasi. Para pengembang bisa melakukan kerja sama dengan operator, jadi nanti ada yang mengkategorikannya ini cocok digunakan oleh siapa dan kalangan apa,” tutup Dian.