ArenaLTE.com – Setelah kurang berhasil dengan sosmed mereka Google+, perusahaan teknologi raksasa kembali mencoba peruntungan mereka di kancah sosial media dengan menghadirkan sebuah aplikasi baru bernama Who’s Down yang menyasar pengguna kalangan remaja.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Who’s Down ini memungkinkan kita untuk melihat dan terkoneksi dengan pengguna aplikasi Who’s Down lainnya yang sedang memiliki waktu luang dan memiliki ketertarikan hobi yang sama. Aplikasi Who’s Down ini juga memungkinkan kita untuk membroadcast situasi kita apakah waktu kita sedang santai dan kosong (down) untuk bisa diajak hangout bareng sesuai dengan ketertarikan kita seperti kuliner, film, olahraga dan lain sebagainya.

Fitur Aplikasi Who’s Down

Kalangan remaja memang gemar hangout bersama-sama. Seperti yang terlihat pada screenshot, fungsi utama aplikasi Who’s Down ini yaitu menghubungkan antara pengguna aplikasi Who’s Down yang memiliki kesamaan aktifitas populer yang sering dilakukannya. Mengumumkan lokasi dan tujuan aktfitas kita dan selanjutnya ketika kita tahu waktunya juga sedang kosong maka bisa kita ajak hangout bersama. Atau jika teman atau pengguna aplikasi Who’s Down lainnya melihat maka bisa ikut bergabung dalam aktifitas tersebut.

Aplikasi Who’s Down ini bisa digunakan oleh pengguna Android dan iOS dan bisa didownload langsung secara gratis di Google Play Store atau iTunes App Store namun sayangnya belum tersedia untuk wilayah Indonesia. aplikasi Who’s Down ini menyasar kalangan remaja, hal ini bisa terlihat ketika kita mencoba registrasi awal selain meminta alamat email kita juga diminta untuk memasukkan nama sekolah atau kampus.

aplikasi Who's downCara menggunakan aplikasi Who’s Down

Tampilan desain aplikasi Who’s Down ini sangat mencerminkan ciri khas Google, simpel mudah digunakan dengan kombinasi tema warna khas biru dan putih. Ketika kita mengumumkan waktu kosong dengan menggeser slider status menjadi down maka hal tersebut mengumumkan bahwa waktu kita kosong dan siap untuk hangout.

Selanjutnya kita diminta untuk memasukkan nama aktifitas menarik yang ingin kita lakukan diwaktu luang tersebut, disediakan daftar aktifitas hangout populer yang bisa kita pilih. Setelah memilih “down to hang” artinya siap untuk hangout bareng maka aplikasi Who’s Down akan menunggu teman lain atau pengguna aplikasi Who’s Down lainnya untuk memberikan tanda untuk ikut bergabung dan memiliki ketertarikan yang sama dengan kegiatan tersebut.

Kemudian selanjutnya aplikasi Who’s Down akan mengumpulkan kita dalam sebuah room chat untuk berdiskusi dan ngobrol lebih seru dan detail mengenai kegiatan hangout tersebut. Chat room ini akan hilang secara otomatis setelah 24 jam dari aktifitas tersebut.

Melalui aplikasi Who’s Down ini sepertinya Google mencoba untuk menjembantani para pengguna aplikasi chatting yang ingin janjian untuk hangout bareng. Sekaligus mengisi celah persaingan antara Facebook melalui layanan FB Messenger dan whats App juga Apple melalui iMessage. Jika Google berhasil dengan aplikasi Who’s Down ini bukan mustahil jika beberapa fitur nya akan di migrasikan dengan aplikasi Google Hangout.