ArenaLTE.com – Fitur penghemat data rupanya sangat dibutuhkan oleh konsumen. Terlebih dengan harga paket data yang tak bisa dibilang murah. Opera, perusahaan software asal Norwegia pun menuai panen. Aplikasi Opera Max besutannya berhasil mendapat respon yang sangat besar dari pengguna. Dalam kurun waktu satu tahun, aplikasi manajemen aplikasi dan penghemat data tersebut kini telah memiliki 10 juta pengguna.

Menurut Sergey Lossev, Head of Product Opera Max, angka ini meningkat 3.300% dalam kurun waktu satu tahun, yang berawal dari 300 ribu pengguna di bulan April 2015 hingga 10 juta pengguna di April 2016. Ini adalah pencapaian terbesar Opera Max sejak diperkenalkan secara berta di tahun 2014.

“Semua ulasan, saran, serta diskusi ringan yang disampaikan pengguna melalui media sosial sangat membantu kami dalam meningkatkan kinerja aplikasi Opera Max agar menjadi lebih baik,” ujar Sergey.

Ia mengklaim aplikasi Opera Max adalah aplikasi manajemen data Android pertama dan satu-satunya yang menawarkan fitur penyimpanan data untuk aplikasi video online, streaming musik, gambar dan halaman web. Opera bahkan mengklaim ini merupakan aplikasi layanan manajemen dan kompresi data terlengkap di dunia.

Di tahun 2015, mereka meluncurkan aplikasi ini di sejumlah negara mobile-first seperti India dan Indonesia. Aplikasi Opera Max kini memiliki lebih banyak pilihan bahasa serta fitur pendukung perangkat lainnya, dan mampu menjangkau 98% pengguna Android, baik pengguna smartphone maupun tablet. Hingga saat ini, ada 10 negara yang menjadi pasar terbesar Opera Max, yakni: India, Indonesia, Brazil, Bangladesh, Nigeria, Malaysia, Afrika Selatan, Rusia, Nepal, dan Sri Lanka.

Sergey mengatakan pihaknya mempunyai rencana masa depan yang lebih ambisius, yaitu ingin menjangkau lebih banyak lagi pengguna. “Oleh karena itu, guna membantu milyaran pengguna mengendalikan penggunaan data mereka, kami senantiasa mengembangkan teknologi di balik layar, sambil terus menyederhanakan fitur tatap muka pengguna, agar Opera Max semakin mudah untuk digunakan,” ujarnya.
Baca juga: Opera Max Disuntik Teknologi Turbo untuk Jelajah Internet Lebih Cepat dan Aman

Monetisasi Aplikasi Opera Max

Setelah memiliki 10 juta pengguna, barulah perusahaan ini mulai memikirkan untuk menerapkan model bisnis. Opera mengungkapkan rencana monetisasi dari aplikasi ini sebagai sumber pendapatan untuk kelanjutan layanan cloud Opera Max.

Salah satu langkah yang akan diambil adalah dengan menayangkan iklan yang tidak mengganggu pada versi Opera Max baru. Seperti yang direncanakan saat peluncuran Opera Max, pengguna akan diberikan pilihan; ada satu iklan per hari, atau membayar satu dollar per bulan untuk menonaktifkan tayangan iklan tersebut.

Opera-Max-infografis