ArenaLTE.com – Meskipun semua bank besar memiliki aplikasi smartphone, namun masih banyak permasalahan yang ditemui nasabah. Seperti kesulitan menghafal nomor rekening, proses transaksi yang membutuhkan banyak langkah, dan sebagainya. Hal itu rupanya menjadi kegelisahan BTPN, bank yang selama ini dikenal dengan nasabahnya yang mayoritas pensiunan. Mereka ingin membuat sebuah terobosan membuat aplikasi perbankan yang berbeda. Setelah 18 bulan dikembangkan, BTPN resmi meluncurkan aplikasi Jenius.

Menurut Direktur Utama BTPN, Jerry Ng, aplikasi Jenius diformulasikan sejak Januari 2015 berdasarkan penelitian yang komprehensif tentang kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia, perkembangan teknologi digital, dan digital banking terbaik di dunia.
BACA: Telkomsel dan BTPN Kolaborasi Hadirkan Layanan Keuangan Terhubung

“Penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa masyarakat digital savvy menginginkan praktik perbankan yang lebih mudah, cerdas, aman, dan semuanya dapat dilakukan melalui smartphone. Sebagai bank yang memiliki visi mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia, BTPN menjawab kebutuhan tersebut melalui aplikasi Jenius,” ujar Jerry Ng pada saat peluncuran Jenius di Jakarta (11/8/2016).

Jerry menambahkan, pihaknya menyadari beberapa keputusan penting dalam kehidupan memiliki konsekuensi finansial. Beberapa dari konsekuensi tersebut seperti membayar kebutuhan sehari-hari serta yang berkaitan dengan rencana masa depan. Hubungan yang tidak terpisahkan antara hidup dan keuangan kami sebut sebagai life finance.

“Misi kami adalah menjadikan life finance Anda simpler, smarter, safer melalui inovasi yang berkelanjutan. Sehingga Anda dapat mengatur hidup dan keuangan yang lebih nyaman dan cerdas just with your fingertips. Dan hari ini hanyalah sebuah awal, karena kami akan selalu berkembang dan berevolusi bersama Anda,” tambah Jerry.

Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone berbasis Android maupun iOS.

Fitur Unggulan Aplikasi Jenius

jeniusUntuk pertama kalinya di Indonesia, Jenius memperkenalkan $Cashtag yang menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening. Fitur ini merupakan pendekatan dari account media sosial yang lebih mudah dihafalkan oleh pengguna, daripada nomor rekening yang cukup panjang. Pengguna pada dasarnya tetap memiliki nomor rekening, namun $cashtag itu berfungsi sebagai alias untuk mempermudah pengiriman uang serta dibuat unik sehingga meminimalisir terjadinya salah kirim.

Selain itu, aplikasi Jenius juga dilengkapi berbagai fitur unik. Seperti Send It, fitur ini untuk mengirim uang baik ke rekening bank, nomor ponsel, atau alamat email. Semuanya hanya dengan tiga langkah mudah. Kemudian Pay Me yang berguna untuk mengirim permintaan uang.

Bagi yang sering “patungan” untuk membeli kado maupun makan bareng, bisa memanfaatkan fitur Split Bill. Karena fitur ini bisa berbagi tagihan dengan teman atau keluarga.

Sementara itu untuk membantu mewujudkan mimpi misalnya membeli kendaraan, traveling ke luar negeri, dan sebagianya, terdapat menu Dream Saver. Fitur ini memungkinkan kita untuk menabung harian secara otomatis dengan mendebet dari saldo utama kita.

Bahkan, yang tak kalah menarik, aplikasi Jenius juga terhubung dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa. Terdapat fitur E-Card yang memungkinkan kita untuk memiliki kartu kredit secara virtual (VCC). Sangat berguna bagi yang ingin transaksi pembelian konten digital yang membutuhkan kartu kredit, namun tidak memilikinya. Misalnya untuk pembelian aplikasi di App Store, Play Store, Spotify, Uber, Facebook Ads, dan sebagainya.

Menurut Febri Rusli, Marketing Lead – Smart Digital Banking BTPN, aplikasi ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terkoneksi secara digital dengan mobilitas tinggi. “Jenius merupakan ekosistem untuk menjadikan life finance lebih mudah,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, dalam membangun ekosistem ini, Jenius berkolaborasi dengan beberapa partner yang relevan. Pada tahap awal mereka bekerjasama dengan beberapa partner untuk mendukung Jenius, antara lain GoJek, Spotify, BrightSpot, The Goods Dept, Indosat, XL, Telkomsel, elevenia, DinoMarket, dan Trafique Coffee.