ArenaLTE.com – ECBook, aplikasi pendukung pendidikan besutan vendor ponsel lokal Evercoss sekarang menambahkan fitur baru yang diberi nama “Adu Pintar”. Fitur ini merupakan suatu permainan tanya jawab mengenai pengetahun umum yang disajikan dengan cara menyenangkan. Pengguna secara tidak sadar akan mendapatkan ilmu baru dari pertanyaan – pertanyaan yang disajikan.

Kezia Mareshah, Head Public Relation Evercoss mengatakan bahwa permainan “Adu Pintar” bermanfaat untuk merangsang minat pelajar terhadap pengetahuan umum. Biasanya para pelajar sedikit sulit untuk disuruh belajar. Bermain sambil belajar akan lebih menyenangkan buat mereka. “Dengan permainan Adu Pintar ini, para pelajar secara tidak sadar akan mendapatkan ilmu baru,” ungkap Kezia.

ECBook-Evercoss

Baca juga: Qajoo Studio Hadirkan Game Edukasi Anak ‘Lets Play with Kancil’

Dijelaskan lebih lanjut, dalam permainan tersebut, pengguna akan diberi 5 pertanyaan setiap paket dan diberi tahu jawaban yang benar jika salah menjawab. Setelah selesai menjawab satu paket, pengguna akan mendapatkan nilai berdasarkan dari jawaban yang dia dipilih.

Uniknya, jika kita mendapat nilai 3-5, maka Avery (emoticon Evercoss) akan berjoget merayakan kesuksesan kita. Sebaliknya jika kita mendapatkan nilai di bawah 3, maka Avery akan menangis sedih.

Pengguna dapat melihat hasil permainan di daftar prestasi yang bisa dilihat per minggu dan per bulan. Hasil prestasi ini juga dapat dilihat berdasarkan per individu atau per sekolah. Daftar prestasi ini dapat menumbuhkan rasa kebanggaan sehingga penggunanya merasa penasaran untuk terus mencoba permainan “Adu Pintar” ini.

Sementara ini, ada lima kategori pengetahuan umum yang menjadi materi permainan “Adu Pintar”, yaitu Flora & Fauna, Sejarah, Seputar Indonesia, Olahraga, Teknologi. Nantinya materi tersebut akan terus di update dan ditambah kategori. .

Untuk ikutan permainan “Adu Pintar” ini sagatlah mudah. Setelah men-download aplikasi ECBOOK di Google play, di menu utama ECBOOK akan tampil salah satu fitur “Adu Pintar”. Klik dan pilih fitur tersebut. Selanjutnya kamu diminta untuk melengkapi profile di kolom yang sudah disediakan. Isilah profile kamu dengan benar, mulai dari email, nama, alamat, kelas dan asal sekolah. Setelah disubmit, kamu bisa langsung memulai permainan “Adu Pintar”.

Selain itu, anda juga bisa ikut berkontribusi dan memberikan soal untuk bermain adu pintar dengan mengirimkan kategori & soalnya ke email soalecbook@evercoss.co.id. Soal yang terpilih akan digunakan dalam games Adu Pintar disertai dengan nama & sekolah asal si pemberi soal.

Beberapa fitur ECBook lainnya yang bisa diakses oleh para pelajar adalah buku-buku elektronik yang bersumber dari KEMDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMU, dan SMK. Di sini pengguna bisa mengakses fitur utama yaitu ‘Cari Buku’, ‘File Manager’, dan ‘Rak Buku’. ECBook juga dilengkapi dengan fitur edit untuk menambahkan teks, menandai, atau mencorat-coret e-Book tersebut. Fitur ini berguna untuk menandai sampai halaman berapa materi yang sudah dipelajari, atau untuk menandai pekerjaan rumah (PR).

Chief Marketing Officer Evercoss, Ricky Tanudibrata mengatakan, bahwa kehadiran ECBook mulai digemari karena content dan tampilan yang dimiliki buku digital ini cukup interaktif sehingga para pelajar lebih tertarik menggunakan buku digital ini. Di sisi lain, pengguna juga gratis mengunduh aplikasi ini, praktis, dan menyenangkan untuk dibaca, apalagi menggunakan Tablet yang memiliki tampilan layar lebih besar.