ArenaLTE.com – Layanan hiburan di dalam pesawat komersial terus berkembang pesat. Bila sebelumnya in-flight entertainment hanya mengacu pada mode wireline atau kabel, kini ada loncatan yang lebih revolusioner lagi. Karena Emirates sudah mencobanya agar bisa digunakannya smartphone berbasis Android dan iOS untuk menunjang hiburan di dalam kabin pesawat.

Tentu ini sebuah lompatan baru, mengingat penggunaan smartphone atau ponsel masih jadi kontroversi sampai saat ini. Tapi berkat kemajuan teknologi penerbangan, interferensi dari smartphone bila terjadi dapat diredam sehingga tak mengganggu navigasi pesawat. Salah satu maskapai yang tengah jadi perhatian adalah Emirates. Perusahaan penerbangan asal Uni Emirat Arab ini belum lama ini telah meluncurkan amenity kits interaktif pertama di dunia untuk kelas ekonomi yang memberikan kenyamanan dalam bepergian dengan basis teknologi AR (Augmented Reality). 

Untuk menggelar layanan ini Emirates menggandeng Blippar, perusahaan teknologi AR asal Inggris. Melalui aplikasi Blippar, penumpang Emirates dapat mengakses berbagai konten hiburan dengan memindai amenity kits yang disediakan untuk seluruh penumpang kelas ekonomi. Aplikasi Blippar dirancang kompatibel dan dapat digunakan pada seluruh perangkat Android ataupun iOS.

Dengan memindai amenity kits Emirates, penumpang dapat mengakses berbagai konten hiburan yang telah disediakan, mulai dari kumpulan musik, Emirates doodle, tips bepergian dan kesehatan dan akses ke aplikasi Emirates. Selain itu, berbagai konten AR baru yang akan terus diperbarui setiap enam bulan yang tetap dapat diakses dengan memindai amenity kits Emirates dari rumah.emirates-apps

Blippar amenity kits untuk saat ini hadir di enam wilayah jaringan penerbangan Emirates, yaitu Australia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, Eropa Timur,dan Asia Timur. Masing-masing dari enam desain Blippar menggunakan warna dan pola yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut. Khusus untuk Timur Tengah, desain amenity kits menampilkan kaligrafi Arab oleh seniman Uni Emirat Arab, Tagelsir Hassan.

Secara lebih luas, aplikasi Blippar adalah peramban visual yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia di sekitar. Untuk menggunakannya, cukup mengarahkan aplikasi Blippar kepada ribuan objek yang telah terdaftar di aplikasi tersebut (dari laptop, baju dan makanan hingga binatang peliharaan) untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai benda objek tersebut. Blippar akan menjelaskan objek, mulai dari konteks hingga berbagai fakta menarik dan berguna mengenai objek tersebut.

Seluruh informasi aplikasi Blippar bersumber dari grafik pengetahuan Blipparsphere. Aplikasi Blippar maupun Blipparsphere, keduanya memiliki teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Lain dari itu, penumpang dari seluruh kelas Emitates dapat menikmati lebih dari 2.500 saluran hiburan dan WiFi gratis pada pesawat Airbus A380 dan hampir semua pesawat Boeing 777.