ArenaLTE.com – LG baru saja mengkonfirmasi rencana kemunculan G5, smartphone flagship mereka yang akan diungkap secara resmi bulan ini di ajang MWC 2016 di Barcelona, Spanyol. Nah, jika LG G5 memiliki nomor model LG H830 atau LG F700, berarti kalau ada ponsel yang mendadak bocor dengan kode LG H840 apakah itu adiknya yang kemungkinan mengusung nama LG G5 Lite?

LG H840Mengacu pada kodenya yakni LG H840 tentu bakal smartphone ini bisa lebih canggih dari LG G5 kan? Namun dari informasi yang berhasil diintip dari listing GFXBench ternyata sedikit di luar kebiasaan. LG H840 ini mengusung RAM 3GB dan memori internal 32GB serta didukung layar seluas 5,3 inci resolusi Quad HD (1440×2560 piksel) alias lebih kecil dari layar LG G5 (disinyalir 5,5 inci).

Spesifikasi di atas memperlihatkan kalau LG H840 bukan produk ecek-ecek. Nah, yang sedikit membuatnya kalah kelas dari LG G5 adalah keberadaan prosesor level menengah di sektor dapur pacunya. Yups, H840 hanya mengadopsi chipset octa core Qualcomm Snapdragon 652 yang tak akan mampu melampaui performa LG G5 yang sudah berbasis Snapdragon 820.

Kamera depan dan belakang smartphone ini tercatat memiliki resolusi 8 MP (3264×2448 piksel). Memang tentatif karena sektor ini bisa berubah saat produk resmi meluncur. Tapi ada sedikit kejanggalan karena produk mutakhir ini mengandalkan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Bisa saja ada sedikit kesalahan lantaran seri ini disinyalir bakal menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

Jika melihat silsilah versi sebelumnya, ada kemungkinan kalau LG H840 adalah versi Lite dari LG G5. Masih belum jelas apakah smartphone ini bakal meluncur bersamaan dengan diresmikannya LG G5. Tapi flagship LG ini memang terus memancing rasa penasaran baik lewat teaser sang vendor maupun bocoran di dunia maya.

LG G5 sendiri kabarnya akan menyisipkan sistem operasi paling anyar Android 6.0.1 Marshmallow. Dari informasi lain yang berhasil dikumpulkan oleh benchmark di situs ini, dapur pacunya mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang ditemani oleh RAM sebesar 4GB. LG juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan menyisipkan fitur Always On dalam LG G5.