ArenaLTE.com – Bulan lalu, Google telah merilis info bahwa OS Android Lollipop telah melampaui 20 persen penyebaran pada keseluruhan perangkat Android. Itu bisa diartikan pada awal September, 21 persen dari semua perangkat Android yangf aktif telah mengusung OS Lollipop.

Satu bulan kemudian, meski bukan kenaikan yang cepat, Android Lollipop persentasenya  terus mendaki. Dalam grafik distribusi OS Android yang diterbitkan Google pada awal Oktober, Google mengungkapkan bahwa 23,5% dari semua perangkat Android yang aktif sekarang menjalankan Lollipop.
BacaJumlah Pengguna Android Kini Tembus 1,4 Miliar!

Dari laporan tersebut, KitKat diketahui mengalami penurunan sedikit, bila bulan lalu 39,2 persen, maka di awal bulan Oktober 2015 jadi 38,9 persen. Konfigurasi tiga varian Jelly Bean saat ini memiliki pangsa pasar 30,2 persen, turun dari 31,8 persen pada bulan lalu. OS Ice Cream Sandwich jatuh ke 3,4 persen dari 3,7 persen, dan Gingerbread kini jadi 3,8 persen dari bulan lalu 4,1 persen. Uniknya OS Froyo tidak ada perkembangan, masih ada di level 0,2 persen, alias tidak ada pergerakan dibanding bulan lalu.

Lepas dari Android Lollipop, bulan depan Google sudah akan meluncurkan Android 6.0 Marshmallow. Android Marshmallow menawarkan beberapa hal baru. Pertama, keamanan lebih baik dari Android Lollipop. Pada bagian Settings atau pengaturan, Anda bisa menemukan menu “Android security patch level,” yang diikuti keterangan tanggal.

Menu tersebut menjelaskan waktu terakhir kali ketika perangkat Anda mendapat pembaruan untuk memastikan keamanannya. Namun, fitur ini hanya akan berguna jika vendor ponsel juga mendukungnya, kecuali jika Anda menggunakan perangkat Nexus.
Baca: Marshmallow Resmi jadi Label Baru Android 6.0

Android Marshmallow juga menawarkan fitur akses cepat ke menu pengendaian dengan suara. Selain itu, Google memperbaiki tampilan animasi notifikasi agar lebih konsisten. Satu lagi kelebihan Android Marshmallow adalah, ia akan membuat baterai perangkat Anda lebih irit. Penyebabnya, sistem operasi tersebut akan bisa menghentikan proses aplikasi yang berjalan di latar belakang ketika Anda sedang tidak menggunakannya. Sebagai gambaran, menurut Google, baterai Nexus 5 dan Nexus 6 akan lebih irit sebanyak 30 persen ketika sudah menjalankan Marshmallow.