ArenaLTE.com – Kehadiran versi terbaru dari sistem operasi Android 7.0 Nougat bisa menjadi kabar gembira bagi banyak orang. Namun sayangnya hal itu tidak bisa dirasakan bagi pemilik smartphone prosesor Qualcomm. Ya, sumber informasi menjelaskan bahwa hal tersebut telah dikonfirmasi pihak dalam perusahaan yang tidak akan merilis dukungan tersebut.

Menurut pengembang ROM dan keterangan dari orang dalam di HTC LlabTooFer, pernyataan tersebut didapatkan dari penjelasan Qualcomm yang memang tidak berniat untuk merilis update driver grafis untuk keluarga seri Snapdragn 800 dan Snadragon 801. update yang dibutuhkan untuk membantu menghadirkan OS Android 7.0 Nougat.

android 7.0 nougat 2Pernyataan tersebut sekaligus mengartikan bahwa tanpa dukungan update Driver grafis dari dua seri prosesor tersebut,  tidak memungkinkan ada pembaharuan OS Android ke versi tertinggi. Imbas itu pun mengenai langsung dua perangkat premium yang telah ada di pasar, seperti halnya HTC One M8 dan Nexus 5 yang diklaim berdampak tidak bisa mencicipi Android 7.0 Nougat.

Selain dua produk tersebut, produk lain yang diungkapkan dalam laman phonearena yang tidak akan mendapatkan Android 7.0 nougat adalah Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, LG G3, dan smartphone flagship Sony Xperia Z3 yang dipastikan tidak mendapat pembaharuan.

Pun demikian berbeda halnya jika Qualcomm telah mengubah pikirannya untuk memberikan rilis update rriver pada dua prosesor tersebut. Kemungkinan untuk mencicipi Android 7.0 Nougat yang telah hadir bisa diberikan, bahkan dari pihak ketiga sekalipun. Karena ketika produsen produk itu sendiri tidak menyediakan pembaharuan ke versi tertinggi, ada pihak lain yang bersedia membuat firmwarenya.

Sebagai informasi, sistem Android Nougat diklaim akan menghadirkan beragam fitur baru, seperti halnya mendukung beragam bahasa, 72 emoji baru, fungsionalitas multi-window. Lalu  kemampuan untuk berpindah cepat ke aplikasi sebelumnya (dengan mengetuk dua kali tombol multitasking), Vulkan graphics API, mode VR terdedikasi, Doze on the Go untuk menjaga daya tahan baterai saat sedang dalam perjalanan.

Tak ketinggalan custom Quick Settings pun bisa digunakan pengguna, membalas langsung dari notifikasi, paket notifikasi, built-in mobile data saver, file-based encryption dan lain-lain.