ArenaLTE.com – Perkembangan teknologi memang memberikan dampak yang cukup berarti bagi banyak industri, salah satunya adalah industri film. Melalui teknologi terbaru yang kini merambah kesektor visual, seperti perangkat virtual reality diklaim bisa untuk menikmati film menjadi tontonan yang seperti nyata. Hal tersebut diungkapkan pihak AMD yang mengungkapkan bahwa pengalaman VR bisa dirasakan melalui film aksi Assassin Creed VR.

Assassin Creed VR adalah sebuah film live action sinematik dengan pengalaman virtual reality yang diproduksi di seluruh dunia yang di-shot secara bersamaan dengan produksi film ASSASSIN’S CREED yang dibintangi Michael Fassbender dan Marion Cotillard.

Perusahaan chipset asal Amerika, AMD, mengumumkan bahwa pada produk besutannya seperti AMD Radeon Pro Dua dan AMD LiquidVR menjadi salah satu elemen penting dalam produksi dan memberikan pengalaman menikmati Asssassin Creed VR secara keseluruhan.

Pihak perusahaan mengklaim, melalui teknologi dari dua perantinya mampu menciptakan kembali set dari film pada tingkat kualitas yang sangat tinggi, menggunakan tekstur besar dan geometri kompleks yang tertangkap kamera di tempat-tempat seperti Malta, Spanyol, dan London.

assassin creed vr

“Menciptakan pengalaman yang kompleks dan mendalam pada  virtual reality sangat menuntut kekuatan komputasi yang besar. Kami meminta AMD dengan AMD Radeon Pro Duo baru-nya, yang tidak hanya sekedar kartu grafis yang kencang , tetapi kartu grafis ini telah dirancang dari bawah ke atas yang difokuskan untuk VR. Fitur unik untuk grafis AMD Radeon seperti asynchronous compute dan LiquidVR technology adalah perbedaan nyata antara VR yang menjadi baik dan VR yang menjadi besar, ” kata Matthew Lewis, president of Practical Magic VR and director of VR experiences, Practical Magic.

Ia menambahkan bahwa dengan menggunakan AMD Radeon Pro Duo dan LiquidVR technology di seluruh produksi ASSASSIN’S CREED VR, bisa memberikan efek yang nyata. Untuk mengaktifkan pengalaman high end virtual reality membutuhkan kolaborasi mendalam antara kreativitas dan teknologi, dan AMD membantu Practical Magic mendorong batas-batas kemungkinan di VR.

“Virtual reality telah hadir. Sebagaimana AMD  yang secara strategis memperluas kepemimpinan teknologi di segmen yang baru muncul ini, kemitraan dengan para kreator konten VR tersebut sangat penting, “kata Roy Taylor, corporate vice president, content and alliances, AMD.

Zachary Eller, Senior Vice President, 20th Century Fox, mengungkapkan,”20th Century Fox dan New Regency sangat senang bermitra dengan AMD di film berbasis live action ASSASSIN’S CREED VR yang akan memungkinkan penggemar dan penonton untuk merasakan langsung adegan dari film kita,” jelasnya.