ArenaLTE.com – Perusahaan chipset asal Amerika, AMD, melihat pasar komputasi masih cukup tinggi terutama pada segmen laptop multimedia. Bekerjasama dengan produsen komputasi HP Inc, perusahaan kini menghadirkan varian prosesor terbaru dari keluarga AMD APU A-series generasi 7, yang ditanamkan untuk laptop mutimedia barunya.

Dalam rilis resminya, produsen menyatakan bahwa prosesor terbaru ini yang ditanamkan pada produk notebook HP nanti, diklaim hadir dengan kekuatan pemrosesan sistem yang mampu meningkatkan video yang baik, grafis tinggi, performa, serta fitur keamanan yang tinggi. Prosesor AMD APU A-Series generasi ke-7 yang memiliki kode nama Bristol Ridge ini juga diungkapkan lebih efisien soal energi.

hp envy x360_computer laptop

Desain PC OEM baru ini ditenagai oleh prosesor-prosesor mobile AMD APU A-Series generasi ke-7-mulai dari notebook ultra-thin, convertible notebook hingga All-in-Ones (AIO)- yang akan dipasarkan pertama kali adalah laptop multimedia seri HP ENVY x360 dan OEM lainnya yang diharapkan akan diumumkan tahun ini. AMD akan secara resmi memperkenalkan AMD APU A-Series  generasi ke-7 dan memamerkan beragam desain OEM pada acara Computex 2016 tanggal 31 Mei hingga 4 Juni di Taipei Taiwan.

“Kami tahu bahwa dengan uang yang sudah mereka keluarkan, konsumer ingin mendapatkan performa grafis yang lebih tajam, performa yang lebih cepat dan baterai yang lebih tahan lama. Kami selama ini fokus bekerja dengan rekan-rekan OEM untuk membangun platform komputasi yang luar biasa bagus sepenuhnya memanfaatkan kemampuan AMD APU A-Series generasi ke-7,” kata Jim Anderson, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Business Group AMD.

Selaras dengan yang diucapkannya, Kevin Frost, Vice President and General Manager, Consumer Personal System HP Inc, mengungkapkan,”Ini merupakan hal menyenangkan bagi  HP menjadi yang pertama membawa teknologi AMD APU A-Series generasi ke-7 ke pasar, khususnya dalam mendesain notebook baru,” jelasnya.

AMD-prosesor

Dirinya juga menuturkan bahwa seri HP Envy x360 merupakan produk yang paling penting untuk para konsumer, terutama yang membutuhkan hiburan dan produktivitas serta kemampuan terbaik dari perangkat komputasi perihal grafis dan pengoalahan sistem oleh AMD.

Jim Anderson juga menuturkan bahwa prosesor AMD APU A-Series generasi ke-7 ini, ternyata juga diminati oleh produsen komputasi lain. Dan hal ini juga tergambar bahwa pasar notebook terlihat masih cukup seksi, sehingga peminat prosesor ini semakin bertambah.

“Sekarang, quad dan dual core prosesor dari AMD A-Series generasi ke-7 sedang dikirimkan untuk para mitra OEM kami, produk ini menampilkan desain prosesor Excavator x86 yang dioptimalkan pada perangkat mobile untuk kecepatan tinggi dalam komputasi, dan Radeon R7 atau grafis R5 untuk bermain games online dan menambah kemampuan streaming HD,” jelasnya.