ArenaLTE.com – Sebuah kicauan baru dari pejabat tinggi Google, mengungkapkan bahwa perusahaan  akan menggantikan kedudukan Google yang telah dikenal. Informasi yang menghebohkan tersebut menyebutkan bahwa perusahaan telah menjadikan Alphabet sebagai induk perusahaan, yang diungkapkan langsung oleh Larry Page pada press release resminya, Senin (10/8/2015).

Restrukturisasi besar dalam tubuh perusahaan internet raksaksa asal Amerika tersebut, menyebutkan bahwa perusahaan akan memiliki induk yang memayunginya dengan nama publik Alphabet. Sumber informasi menyebutkan bahwa Chief Executive Officer (CEO) baru, akan dipegang oleh Larry Page, sedangkan Sergey Brin akan menjadi presiden perusahaan induk tersebut.

Sedangkan untuk Eric Schmidt akan dipercaya untuk menjadi Kepala Eksekutif, dan CEO baru Google sekarang akan dipegang oleh Sundar Pichai. Hal tersebut juga secara otomatis akan menjadikan perusahaan induk dengan nama Alphabet ini untuk menangungi  bisnis utama Google.

Google tetap akan menjalankan bisnis utama perusahaan, seperti mesin pencarian, iklan, peta, aplikasi, Youtube dan Android. Beberapa bisnis lain yang juga masih dijalankan oleh Google dan sekarang akan dinaungi oleh Alphabet, adalah Google Capital, Google Ventures, dan Google X yang memasukkan proyek mobil tanpa supir untuk masa depan.

Informasi seputar kehadiran Alphabet menjadi perusahaan induk Google sendiri, diawali dari postingan yang dituturkan oleh Larry Pages, mengungkapkan bahwa perusahaan yang didirikannya bukanlah perusahaan konvensional dan masih berjalan baik-baik saja.

“Perusahaan kami beroperasi dengan baik hari ini, tapi kami pikir kami bisa membuatnya lebih bersih dan lebih akuntabel. Jadi kami menciptakan sebuah perusahaan baru, yang disebut Alphabet. Saya benar-benar senang bisa berjalan Alphabet sebagai CEO dengan bantuan dari pasangan yang mampu saya, Sergey, sebagai presiden,” tulis  Larry Page, pendiri Google, CEO Alphabet dalam posting blog resminya.

Perubahan

Diungkapkan beberapa sumber informasi bahwa para investor menyenangi akan adanya perubahan perusahaan ini. Pengumuman ini memberikan dampak positif bagi perusahaan. Laman Phonearena mengungkapkan saham perusahaan naik cukup signifikan mencapai USD32 atau kisaran USD5 per lembar, naik dalam satu jam pengumuman resminya. Dijelaskan juga bahwa saham Google akan dikonversi menjadi saham Aphabet pada akhir 2015, namun saham perusahaan induk ini akan tetap dipasarkan dengan kode yang sama, yakni GOOG dan GOOGL.

Comments