ArenaLTE.com – Layanan belanja digital buatan Alfamart yang bernama Alfacart.com terus memperkuat kiprah mereka di industri pasar digital Indonesia. Namun bukan berarti tanpa kendala, ternyata faktor kepercayaan masih menjadi kendala bagi konsumen di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Haryo Suryo Putro, Chief Operating Officer & Chief Marketing Officer, Alfacart.com.

“Kepercayaan pelanggan menjadi fokus layanan kami mengingat faktor inilah yang selama ini menjadi kendala bagi 56% konsumen di Indonesia untuk melakukan transaksi secara online. Sebagian konsumen (34%) ragu terhadap kepastian kualitas produk yang dibelinya dan 30% konsumen mengatakan tidak puas terhadap layanan-layanan yang selama ini mereka temukan” ungkapnya.

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh Alfacart.com untuk menjawab keraguan para pelanggannya diantaranya dengan menghadirkan layanan dengan beragam nilai tambah terbaru berdasarkan pemahaman kebutuhan konsumen.

Layanan Online to Offline (O2O) dengan memanfaatkan jaringan Alfamart sebagai tempat pengambilan barang atau Pick Up Point adalah salah satu upaya Alfacart.com untuk memberikan jaminan dan kepastian kualitas dari barang-barang yang dibeli konsumen.

Didukung lebih dari 7000 gerai fisik yang ada di Indonesia, alfacart.com bertekad inovasi serta kemudahan dalam pembayaran, serta pengantaran barang dan pengambilan barang yang diberikan bisa memberikan kenyamanan kepada pelanggan dapam berbelanja dati manapun

Didukung lebih dari 7000 gerai fisik Alfamart yang ada di Indonesia semakin memperluas jaringan Alfamart yang mendukung Alfacart.com. Pemesan dapat pergi ke toko Alfamart terdekat untuk melakukan pembayaran tunai sekaligus menikmati layanan pengambilan barang, Pick Up Point, yang ditawarkan sebagai solusi.

Pick Up Point juga dihadirkan sebagai solusi bagi masyarakat urban yang rata-rata memiliki kesibukan tinggi dan ingin lebih efisien dalam mengatur waktu berbelanjanya. Keuntungan yang dapat diperoleh konsumen dari layanan ini antara lain adalah penghematan karena konsumen terbebas dari biaya pengiriman, aman karena konsumen mendapatkan kepastian tentang kondisi dari produk yang dipesan, dan fleksibilitas karena waktu dan lokasi pengambilan dapat ditentukan sendiri oleh konsumen.

Alfacart
Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Executive Officer Alfacart.com mengantarkan pesanan pelanggan Alfacart.com sebagai bentuk apresiasi dan komitmen Alfacart.com dalam memberikan layanan terbaik.

Selain itu, konsumen yang masih memiliki keraguan terhadap keamanan transaksi online dengan menggunakan produk perbankan seperti Kartu Kredit atau Kartu Debit dapat melakukan pembayaran langsung di kasir-kasir Alfamart yang menjadi tempat pengambilan barang.

Fasilitas di atas, menurut Haryo, juga diharapkan menjadi solusi efektif dan efisien bagi konsumen yang belum memiliki rekening tabungan atau kartu kredit. Di Indonesia, jumlah konsumen berusia 25 tahun ke atas yang tidak memiliki akun perbankan cukup tinggi, yaitu mencapai 63,7%. Sementara pasar utama Alfacart.com berada di rentang usia 25 hingga 35 tahun (75%).

Selain itu, dengan fasilitas tersebut, masyarakat yang karena kendala geografis belum dapat terjangkau oleh layanan pembayaran tunai secara langsung di tempat tujuan pengiriman atau Cash-on-Delivery (COD) tetap akan dapat melakukan transaksi pembelian melalui Alfacart.com.

“Ditambah dengan layanan prima serta beragam promosi pemasaran yang menarik yang dihadirkan Alfacart.com, kami berharap masyarakat Indonesia semakin bergairah dalam melakukan transaksi online bersama kami. Gairah masyarakat dalam berbelanja online tentunya akan berdampak positif dalam mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat perekonomian digital sebagai salah satu tumpuan utama perekonomian nasional di masa datang”, pungkas Haryo.